Butuh 289 Hari Bagi Manusia Untuk Mencapai Mars, Tapi Tantangan Ini Yang Paling Berat

SpaceX, sebuah perusahaan antariksa swasta, misalnya,mengatakan mereka akan meluncurkan misi berawak ke Mars pada tahun 2020.

Butuh 289 Hari Bagi Manusia Untuk Mencapai Mars, Tapi Tantangan Ini Yang Paling Berat
Ilustrasi Planet Mars dan sejumlah faktanya (masnamedia.com) 

TRIBUNKALTIM.CO - Terbang dan bermukim di Mars? Wow, keren pastinya!

Kita tahu, beberapa organisasi, seperti NASA dan SpaceX, sudah menyatakan ambisi besarnya untuk mendaratkan manusia di planet Mars dalam beberapa dekade mendatang.

Sejumlah lembaga pemerintah dan perusahaan swasta saat ini terus bekerja keras untuk mendaratkan manusia ke Mars. SpaceX, sebuah perusahaan antariksa swasta, misalnya,mengatakan mereka akan meluncurkan misi berawak ke Mars pada tahun 2020.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memiliki tugas untuk mendaratkan manusia di Mars mulai 2030-an.

Bila mereka mungkin bisa mencapai prestasi ini, lalu apa yang akan terjadi ketika manusia sampai di sana? Sudah siapkah kita?

Televisi National Geographic bahkan menyiapkan mini seri docudrama bertajuk MARS. Docudrama enam episode ini akan menceritakan tentang kisah fiksi sekelompok kru astronot pesawat ulang alik “Daedalus” berlatar tahun 2033. Misi mereka adalah menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di planet Mars.

Misi dipimpin oleh Ben Sawyer (Ben Cotton), dengan kru multinasional yang beranggotakan Hana Seung (Jihae), Marta Kamen (Anamaria Marinca), Robert Foucault (Sammi Rotibi), Javier Delgado (Alberto Amman), dan Ameile Durand (Clémentine Poidatz).

Mereka mengemban misi berat untuk melakukan persiapan agar manusia dapat hidup di Planet Merah yang esktrem itu. Pastinya misi tak akan mudah, akan banyak halangan dan rintangan yang menyiksa di depan mata mereka.

Seberapa Jauh

Serapa jauh Mars dari tempat kita tinggal, Bumi? Itulah satu dari sederet pertanyaan yang akan mengemuka di pikiran kita. Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Seberapa siap pesawat angkasa yang akan menerbangkan manusia? Siapkah manusia bermukim di sana, dan seterusnya.

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved