Mahasiswi Asal Malang Tewas di Danau Trebgaster Jerman, KBRI akan Bantu Pemulangan Jenazah

KJR akan Bantu pemulangan mahasiswi asal Sukun Malang, yang tewas tenggeam di danau kampus tempat belajarnya di Jerman.

Mahasiswi Asal Malang Tewas di Danau Trebgaster Jerman, KBRI akan Bantu Pemulangan Jenazah
BR.com
Petugas SAR Jerman melakukan pencarian seorang mahasiswi asal Malang tenggelam di Danau Trebgaster, Bavari, Jerman, pada 9 Agustus 2018, setelah dilaporkan hilang sejak 8 Agustus 2018 lalu 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri menyatakan siap membantu biaya pemulangan jenazah mahasiswi asal Indonesia yang tenggelam di Jerman.

"Kami (Kemlu) pastikan kami akan bantu keluarga sesuai kebutuhannya. Kalau keluarga mampu biayai pemulangan, kami akan bantu seluruh aspek administratifnya, termasuk penanganan di bandara. Tapi kalau keluarga tidak mampu biayai pemulangan jenazah, tentu kami akan bantu membiayai pemulangannya," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal kepada wartawan, Selasa (14/8/2018).

KJRI Frankfurt terus berkoordinasi dengan otoritas Jerman, seperti pihak Kepolisian, Kantor Catatan Sipil, dan rumah duka.

Selain itu, juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemlu perihal proses pemulangan jenazah kepada pihak keluarga di Indonesia.

Petugas SAR Jerman melakukan pencarian seorang mahasiswi asal Malang tenggelam di Danau Trebgaster, Bavari, Jerman, pada 9 Agustus 2018, setelah dilaporkan hilang sejak 8 Agustus 2018 lalu
Petugas SAR Jerman melakukan pencarian seorang mahasiswi asal Malang tenggelam di Danau Trebgaster, Bavari, Jerman, pada 9 Agustus 2018, setelah dilaporkan hilang sejak 8 Agustus 2018 lalu (BR.com)

"Percayalah Perwakilan kita di Jerman pasti akan lakukan yang terbaik. Kami sangat prihatin dengan kejadian ini. Kami ikut merasakan kesedihan keluarga," ungkap Iqbal.

Sebelumnya dalam sebuah laman donasi di https://m.kitabisa.com/bantushintapulang , tertulis dideskripsi donasi dibuat oleh Umi Salamah ibu kandung dari Shinta P Dina Pratiwi.

Dilansir Tribunnews.com, Selasa (14/8/2018) siang, jumlah bantuan yang tertera mencapai Rp 142.268.702 dengan 1018 donatur. Namun penggalangan donasi tersebut telah dinyatakan diakhiri.

"Terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan dana dan doanya. Untuk sementara penggalangan dana diberhentikan, karena belum ada kepastian biaya yang dibutuhkan untuk proses pemulangan Alm. Shinta. Penggalangan dana diberhentikan sambil menunggu pengumuman resmi dari KEMENLU dan KJRI," demikian tertulis dilaman tersebut.

Sbelumnya diwartakan, seorang warga Kota Malang yang sedang kuliah di Universitas Bayreuth, Jerman, dikabarkan meninggal dunia di danau kampus, Kamis (9/8/2018) waktu setempat.

Korban adalah Shinta Putri Dina Pertiwi yang sedang menempuh kuliah di Universitas Bayreuth, Jerman. Shinta meninggal di Danau Trebgaster, Bavaria.

Halaman
123
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved