Uji Coba Jargas di 5 Kecamatan PPU Batal Dilaksanakan, Ini Alasannya

Kontraktor proyek jaringan gas (jargas) di lima kelurahan di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) batal melakukan uji coba.

Uji Coba Jargas di 5 Kecamatan PPU Batal Dilaksanakan, Ini Alasannya
TRIBUN KALTIM/SAMIR
Gardu induk jargas di Nenang yang sudah hampir rampung. 

Uji Coba Jargas di 5 Kecamatan PPU Batal Dilaksanakan, Ini Alasannya

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Kontraktor proyek jaringan gas (jargas) di lima kelurahan di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) batal melakukan uji coba pada 28 November lalu, dengan alasan persoalan teknis.

Ia mengatakan, untuk melakukan uji coba tersebut maka harus dilakukan penyambungan ke pipa gas milik Pertamina, namun sampai sekarang belum kunjung dilakukan dengan alasan persoalan teknis.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ahmad Usman saat dihubungi, Minggu (2/12/2018) mengatakan, sampai sekarang masih dilakukan rapat di Jakarta untuk lebih mematangkan secara teknis uji coba tersebut.

Aksi Reuni Akbar 212 Digelar Hari Ini, Perhatikan Rekayasa Lalu Lintas yang Terbagi 5 Zona

Jelang Bali United Vs Persija Jakarta, Berikut Prediksi Susunan Pemain Kedua Tim

 

Usman menjelaskan, yang menjadi permasalahan adalah penyambungan pipa induk jargas ke pipa gas milik Pertamina, sehingga perlu dilakukan persiapan yang matang secara teknis.

"Jangan sampai nanti menimbulkan masalah saat penyambungan dari pipa jargas ke pipa gas Pertamina. Ini yang masih terus dirapatkan di Jakarta," katanya.

Usman menjelaskan, secara teknis untuk menyambungkan pipa induk jargas maka pipa gas Pertamina harus dibocorkan sementara tekanan gas sangat tinggi, sehingga harus dipelajari tekanan gas tersebut secara teknis.

BKN Umumkan Hasil SKD CPNS 2018, Download Link di Sini untuk Lihat Namamu

Priyanka Chopra dan Nick Jonas Gelar Pesta Pernikahan di Istana Umaid Bhawan Jodhpur

 

Ia mengatakan berbeda dengan Kota Balikpapan, karena pipa mereka sudah tersambung dengan pipa gas Pertamina sehingga pemasangan tahun ini mereka langsung bisa dilakukan uji coba.

"Target bulan ini akan dilakukan uji coba," jelasnya.

Mengenai masih adanya jaringan yang belum terkoneksi di sambungan rumah, Usman mengatakan itu dilakukan secara simultan antara rencana penyambungan ke gas Pertamina dengan pembenahan di sambungan rumah.

Ia mengatakan, memang menerima sejumlah laporan adanya jaringan SR yang belum rampung, namun hal itu akan diselesaikan sebelum dilakukan uji coba.

Hasil Real Madrid Vs Valencia 2-0, Los Blancos Geser Posisi Espanyol

BREAKING NEWS Polsek Balikpapan Barat Amankan Pria yang Tampak Mencurigakan di Gereja Katolik Dahor

Ia menambahkan, untuk pemasangan jargas di Kelurahan Penajam, Gunung Steleng, Nenang, Nipah-nipah dan Sungai Paret sudah dilakukan di 4.270 sambungan rumah, dan mereka akan menikmati jargas ini.

"Kita berdoa sama-sama agar dalam uji coba nanti tak ada masalah sehingga jargas ini sudah bisa dinikmati masyarakat khususnya di lima kelurahan. Karena tahun depan kami usulkan lagi 15 ribu SR," ujarnya. (*)

Penulis: Samir
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved