Darurat Narkoba

Polisi Bongkar Industri Rumahan Narkoba di Samarinda, Diduga Begini Ciri-ciri Sabu Produksinya

Ancaman narkoba kian mengkhawatirkan. Baru-baru ini jajaran kepolisian Ditreskoba Polda Kaltim membongkar industri rumahan sabu di Samarinda.

Polisi Bongkar Industri Rumahan Narkoba di Samarinda, Diduga Begini Ciri-ciri Sabu Produksinya
TRIBUN KALTIM / RACHMAD SUJONO
Dir Resnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury saat menggelar pengungkapan kasus narkoba industri rumahan di Polda Kaltim, Selasa (4/12/2018). Tersangka berikut peralatan produksi sabu rumahan ini ditunjukkan di hadapan awak media. 

Polisi Bongkar Industri Rumahan Narkoba di Samarinda, Diduga Begini Ciri-ciri Sabu Produksinya

TRIBUNKALTIM.CO - Ancaman narkoba di Kaltim kian mengkhawatirkan. Baru-baru ini Jajaran Ditreskoba Polda Kaltim mengamankan dua kurir narkoba, berikut dengan alat produksi sabu yang dibuat secara industri rumahan alias narkoba home industri.

Tepatnya, Jumat (30/11) lalu tim opsnal Subdit I dan Subdit II Dit Resnarkoba menangkap sepasang kekasih, R (32) dan L (32) di Jalan Elang, Gang Ketapi, Sungai Pinang Samarinda Utara.

Dipimpin Kasubdit I AKBP Karyoto, petugas mengamankan 4 paket sabu seberat 67,78 gram, 2 botol sabu cair dan bahan (prekussor) untuk meracik sabu beserta peralatan produksi nya.

Baca: Tanggapi Penembakan 31 Pekerja Jembatan Trans Papua, Wiranto: Lakukan Pengejaran Habis-habisan!

Baca: Longsor Sangasanga, Wagub Kaltim Bakal Kejar Tanggung Jawab PT ABN  

Baca: 26 Sekolah di Kukar Kolaborasi Bareng Seniman, Tampilkan Pertunjukan Teater hingga Tari

"Tak hanya sabu, saat digeledah kamarnya, anggota temukan baskom berisi peralatan yang diduga sebagai alat produksi sabu," ujar Diresnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury, saat menggelar pengungkapan kasus narkoba home industri di Polda Kaltim, Selasa (4/12).

Temuan saat pengungkapan tersebut mulai dari alkohol 70 persen, air aki, cuka, soda kue, pemutih pakaian, obat tetes mata, pewarna makanan hingga pupuk almunium nitrat, diduga jadi bahan dasar pembuatan sabu home industri yang ditemukan di Samarinda. Itu belum cairan kimia yang penyidik pun belum mengetahui apa jenisnya.

Diresnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury, saat menggelar pengungkapan kasus narkoba home industri di Polda Kaltim, Selasa (4/12/2018). Tersangka berikut peralatan produksi sabu rumahan ini ditunjukkan di hadapan jurnalis
Diresnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Akhmad Shaury, saat menggelar pengungkapan kasus narkoba home industri di Polda Kaltim, Selasa (4/12/2018). Tersangka berikut peralatan produksi sabu rumahan ini ditunjukkan di hadapan jurnalis (TRIBUN KALTIM / RACHMAD SUJONO)

"Saat tes narkoba lapangan, positif mengandung sabu. Air ini sudah dites positif sabu," katanya sambil menunjuk tabung destilasi yang berisi cairan bening positif memgandung metamfitamin.

Bila miras oplosan ada, pengungkapan ini mengindikasikan bahwa sabu pun bisa dibuat demikian. Bayangkan saja, bagaimana bahayanya bila memang alat produksi rumahan beserta bahan seperti ini bisa menciptakan narkoba.

"Kami sendiri belum mengetahui pasti, bagaimana proses pembuatan bisa jadi sabu. Kalau dilihat beda dengan sabu yang lain, KW bahasanya. Tapi ini positif mengandung sabu," ujarnya.

Dari sisi penampilan fisik, pihaknya mengakui terdapat perbedaan, seperti barang bukti sabu yang diamankan penyidik condong seperti pasir sementara sabu yang biasa diamankan lebih membatu.

Baca: Bos Persija Sampaikan Sinyal Positif soal Kemungkinan Laga Kandang Kontra Mitra Kukar di SUGBK

Baca: TERBARU! PENGUMUMAN Jadwal dan Peserta SKB CPNS 2018 Pemkab Tana Tidung

Baca: Ini 3 Klub dari Liga 2 yang Promosi ke Liga 1 Musim Depan, Berasal dari Tiga Pulau Berbeda

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved