Indikasi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah Pemprov ke NPC Menguat

“(Kerugian negara) sudah ditemukan. Kita masih pemantapan tentang kerugian negara. Yang jelas, kerugian negara sudah ditemukan,” ucap Andri.

Indikasi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah Pemprov ke NPC Menguat
Google
ILUSTRASI - Google Doodle rayakan Paralympics 2018 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Penyidikan dugaan korupsi dana hibah dari Pemprov Kaltim ke National Paralympic Commite (NPC) – Pengurus Olahraga Penyandang Disabilitas Indonesia Provinsi Kaltim berlanjut.

Hasil penyidikan bidang pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim menemukan dugaan kuat perbuatan melawan hukum dalam pemberian hibah sebesar Rp18 miliar untuk persiapan dan pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Pepernas) di Pekanbaru, Riau tahun 2012 itu. 

Dugaan itu, jelas Kasi Penerangan Umum (Kasipenkum) Kejati Kaltim, Acin Muksin melalui Kasi Penyidikan, Andri Tri Wibowo, didapat setelah pihaknya pihaknya memeriksa sekitar 20an saksi terkait yang berasal dari pemberi hibah, internal NPC Kaltim, dan pihak ketiga.

Informasi yang Tribun himpun, perkara dana hibah yang diduga tidak disalurkan ke atlet-atlet disabilitas saja, melainkan penggunaan dana tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Kegiatan yang didanai oleh hibah tersebut, diduga tidak digunakan sebagaimana peruntukannya,” ujar Andri, di ruanganya Senin (10/12/2018).

Adapun untuk mencari tahu total kerugian negara yang ditimbulkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan auditor terpercaya yang diberi kewenangan oleh undang-undang untuk menghitung hal itu. Proses ini masih terus berlanjut.

“(Kerugian negara) sudah ditemukan. Kita masih pemantapan tentang kerugian negara. Yang jelas, kerugian negara sudah ditemukan,” ucap Andri.

Sejauh ini, jajarannya, belum menetapkan tersangka. Namun, lanjut dia, pihaknya sudah mengantongi berbagai macam bukti dan indikasi calon-calon tersangka nantinya.

Baca juga:

Diisukan Terima Suap dan Lakukan Pengaturan Skor, Ini Jawaban Presiden Borneo FC

Halaman
1234
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved