Berita Video

VIDEO - Gegana Brimob Polda Kaltim Punya Robot Anti Bom Buatan Jerman

Tangga kemiringan 45 derajat dengan kondisi alas yang rusak mampu dilewati. Perangkat bam segala medan membuat mobilisasi robot ini semakin mudah.

VIDEO - Gegana Brimob Polda Kaltim Punya Robot Anti Bom Buatan Jerman
Tribunkaltim/fachri
Telemax Pro 2009 robot penjinak bom milik Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim. Rabu (20/2/2019) personel Brimob melakukan pelatihan mengoperasionalkan robot tersebut langsung dengan teknisi asal Jerman. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltim kedatangan alutsista baru. Namanya Telemax Pro 2009, robot dengan kemampuan penjinak bom. Robot buatan Jerman ini bisa digunakan di segala medan, baik di hutan maupun di perkotaan.

Fleksibilitas tinggi jadi keunggulannya. Beroperasi di area sempit seperti lorong bangunan, kontur alas yang rusak atau becek, maupun di area curam dan basah mampu dilewati robot ini.

Apabila bom berada di area tinggi misalnya kabin pesawat, robot ini bisa berdiri hingga 3 meter. Tangga kemiringan 45 derajat dengan kondisi alas yang rusak mampu dilewati. Perangkat bam segala medan membuat mobilisasi robot ini semakin mudah.

"Kemampuan daya jelajahnya luas, baik off road, ruangan bahkan bisa lewati tangga," kata Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Mulyadi didampingi Wadanden Gegana AKP Wiwit Sudaryanto, Rabu (20/2/2019).

Tak hanya itu, di area minim cahaya atau gelap sekalipun robot ini bisa berfungsi. Ia dilengkapi 5 kamera resolusi tinggi yang mempunyai kemampuan vision night (penglihatan malam).

Telemax Pro 2009 ini dikendalikan dengan perangkat komputerisasi, yang dikendalikan operator. Operator pengendali robot ini bisa berada di jarak 100 meter hingga 1000 meter dari robot.

Sempat Sehari Dirawat di Rumah Sakit, Komedian Nana Krip Tutup Usia

VIDEO - Truk Isi 6 Ton Spandex Terbalik di Jalan Poros Samarinda-Bontang

Visual gambar yang dilihat robot ini, tampak jelas dilayar panel kontrol. Sehingga sang operator bisa memutuskan langkah apa yang dilakukan dalam penanganan bom.

Bahkan robot ini dilengkapi dengan perangkat X-ray sehingga mampu mendeteksi keberadaan bom bila tersimpan di suatu tempat tertutup.

Robot penetralisir bahan peledak ini mampu bergerak cepat. Lengan-lengannya fleksibel mampu menjangkau sudut setara 360 derajat.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved