Hikmah Isra Miraj

Kenapa Orang yang Rajin Salat Masih Korupsi? Begini Jawaban KH Andi Faisol

Timbul pertanyaan kenapa salat seperti tidak mampu membentengi seseorang untuk berbuat yang dilarang oleh Allah?

Kenapa Orang yang Rajin Salat Masih Korupsi? Begini Jawaban KH Andi Faisol
Kolase Tribun Kaltim/HO/RUSDIANTO/LAHURI
KH Muhammad Andi Faisol 

Kenapa Orang Rajin Salat Masih Korupsi, Terima Suap, Nyogok? Begini Jawaban KH Andi Faisol

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Masalah korupsi seperti tak ada habisnya. Sudah ditangkap satu, tertangkap pula yang lain. Banyak pejabat dan penyelenggara negara yang tersandung korupsi.

Kasus terkini misalnya, operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap Direktur PT Krakatau Steel Tbk (BUMN) yang diduga menerima suap dari kontraktor, Jumat (22/3/2019) malam.

Pada Jumat sebelumnya, KPK juga melakukan OTT Ketua Umum PPP Romahumuziy (Gus Rommy) yang telah ditetapkan menjadi tersangka atas dugaan transaksi jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Timbul pertanyaan kenapa salat seperti tidak mampu membentengi seseorang untuk berbuat tidak baik yang dilarang oleh Allah? Kenapa msih banyak orang melakukan korupsi dan menerima suap (termasuk pungli), sementara orang itu rajin salah lima waktu?

KH Muhammad Andi Faisol punya jawabannya.  Menurut dia, itu menunjukkan bahwa salat yang ia lakukan tidak kusyu, tidak tumaminah. 

"Banyak orang melaksanakan salat sekedar mengguggurkan kewajban saja. Sehingga salatnya pun tidak bisa kusyu, tidak tumaminah, tidak tenang. Ini  berimbas dalam kehidupan," katanya.

Suasana dalam peringatan Isra Miraj di Masjid At Taqarrub RT 20 Jln Anang  Hasyim Samarinda. Pembawa acara sedang membuka kegiatan tersebut.
Suasana dalam peringatan Isra Miraj di Masjid At Taqarrub RT 20 Jln Anang Hasyim Samarinda. Pembawa acara sedang membuka kegiatan tersebut. (HO/AGUNG SUKACA)

"Karena itu meski ia salat lima waktu, masih juga melakukan larangan-larangan Allah. Rasuah masih dilakukan. Suap dan nyogok masih terjadi," jelas Pimpinan Pondok Pesantre Hidayatul Islam Samarinda ini.

Andi Faisol menyampaikan hal itu ketika mengisi tausiah hikmah Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid At Taqarrub Samarinda, Sabtu (23/3/2010) malam.  Peringatan Isra Mi'raj 1440 Hijriah ini dipadati warga khususnya dari RT 20, Kelurahan Air Hitam, Jln Anang Hasyim Samarinda.

Andi Faisol menekanka perlunya mencari berkah dalam hidup.

Halaman
123
Penulis: Achmad Bintoro
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved