Sejarah Hari Ini

SEJARAH HARI INI - Kelahiran Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Wapres ke-2 RI

Sejarah hari ini, 107 tahun lalu tepatnya 12 April 1912 merupakan hari kelahiran seorang tokoh besar di Indonesia bernama Sri Sultan Hamengkubuwono IX

SEJARAH HARI INI - Kelahiran Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Wapres ke-2 RI
Kolase Wikipedia.org & Twitter.com
Sejarah hari ini, 107 tahun lalu tepatnya 12 April 1912 merupakan hari kelahiran seorang tokoh besar di Indonesia bernama Gusti Raden Mas Dorodjatun atau Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Selain sebagai Raja, dia dikenal sebagai Wakil Presiden RI ke-2 dan Bapak Pramuka Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejarah hari ini, 107 tahun lalu tepatnya 12 April 1912 merupakan hari kelahiran seorang tokoh besar di Indonesia bernama Gusti Raden Mas Dorodjatun atau Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX lahir pada Sabtu Pahing, 12 April 1912 di Sompilan Ngasem, Yogyakarta atau menurut penanggalan Jawa, lahir pada 25 Rabingulakir tahun Jimakir 1842.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah putra dari Sri Sultan Hamengkubuwona VIII dan permaisuri Kangjeng Raden Ayu Adipati Anom Hamengkunegara.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX dikenal dengan nama Gusti Raden Mas Dorodjatun.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX
Sri Sultan Hamengkubuwono IX (intisari.grid.id)

Dilansir www.demokrat.or.id, orangtuanya memberi nama itu dengan harapan agar kelak memiliki atau dibebani derajat yang tinggi, cakap mengemban pangkat atau kedudukan yang luhur, dan selalu berbudi baik walau memegang kekuasaan yang besar.

Di umur empat tahun Sri Sultan Hamengkubuwono IX kecil tinggal pisah dari keluarganya.

Dia memperoleh pendidikan di Europeesche Lagere School di Yogyakarta.

Pada 1925 ia melanjutkan pendidikannya ke Hoogere Burgerschool di Semarang, dan Hoogere Burgerschool te Bandoeng – HBS Bandung.

Pada 1930-an ia berkuliah di Rijkuniversiteit (sekarang Universiteit Leiden), Belanda.

Raja yang Cerdas, Tegas, dan Bersahaja

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved