Diduga Lakukan Pungli, Pegawai Tidak Tetap Terancam Sanksi

Dugaan kasus pungutan liar (Pungli) yang melibatkan pegawai Kecamatan Samarinda Ulu masih bergulir.

Diduga Lakukan Pungli, Pegawai Tidak Tetap Terancam Sanksi
(Thinkstock)
ilustrasi uang dalam amplop. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dugaan kasus pungutan liar (Pungli) yang melibatkan pegawai Kecamatan Samarinda Ulu masih bergulir.

Camat Samarinda Ulu, Muhammad Fahmi menjelaskan, setelah  mendapatkan laporan adanya dugaan pungli itu, dirinya langsung memanggil SA, pegawai tidak tetap bulanan (PTTB) yang sehari-hari bertugas sebagai staf Subag Umum.

"Kami sudah panggil dan mintai keterangan yang bersangkutan. Dari pengakuannya hal itu dilakukannya di luar kantor. Tapi dugaan pungli itu , belum dilakukannya," ucapnya, Senin (22/4/2019).

Kendati aksi pungli itu belum dilakukan, namun pihak Kecamatan tetap memberikan peringatan kepada yang bersangkuta, dan surat peringatan (SP) pertama sudah diberikan kepada SA.

"Kalau dari kami, tetap diberi SP satu, supaya dia tidak mengulangi hal ini lagi. Apalagi yang bersangkutan ini juga sebagai ketua RT di kawasan Teluk Lerong," jelasnya.

Selain itu, pihak kecamatan juga telah memberikan berkas yang bersangkutan ke Sekda, Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Samarinda. Nantinya, sanksi akan dikeluarkan untuk SA.

"Berita pemeriksaan sudah kami kirim, tapi masih menunggu sanksi apa yang diberikan kepada yang bersangkutan. Yang jelas dari kecamatan sudah  berikan SP," tegasnya.

Dia pun berharap kepada warga untuk tidak lagi mencari  bantuan berbagai macam pengurusan berkas. Pasalnya hal itu dapat menimbulkan pungli dari oknum pegawai.

"Lebih baik urus sendiri saja, datang ke kantor urus kelengkapannya. Tidak susah kok ngurus berkasnya itu, dan semua pengurusan berkas tidak dipungut biaya alias gratis," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, oknum pegawai Kecamatan Samarinda Ulu diduga melakukan Pungli kepada warga yang hendak membuat surat keterangan pindah.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved