Bisnis Otomotif

Dealer Terlengkap dan Terluas di Kalimantan, Honda Amartha Samarinda Targetkan Penjualan 900 Unit

Market share Honda di Samarinda dan Kaltim saat ini berada di posisi 14,7 persen atau meningkat lebih 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dealer Terlengkap dan Terluas di Kalimantan, Honda Amartha Samarinda Targetkan Penjualan 900 Unit
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI P
Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) menandatangani prasasti menandai grand opening Dealer Honda Amartha Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Masyarakat Kalimantan Timur dan khususnya Kota Samarinda, kini memiliki dealer Honda yang terlengkap dan terluas. Dealer Honda Amartha Samarinda yang berlokasi Jl. P Untung Suropati Samarinda. Dealer ini diresmikan, Selasa (23/4/2019).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Takehiro Watanabe Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) didampingi jajaran manajemen, dirangkai dengan penandatanganan prasasti. Peresmian ini dihadiri mitra Honda dari pemerintahan maupun swasta di Samarinda.

Kepada media, secara terpisah Andy Antonius General Manager main Dealer R.2 Outside Java PT Prospect Motor yang didampingi Jonfis Fandy Marketing & After Sales Service Director PT HPM, dan Tanto Agus Direktur Honda Amartha Samarinda, memaparkan lebih detail tentang bisnis Honda di Samarinda maupun Kaltim.

Menurut Andy, target penjualan Honda pada tahun ini berkisar 800- 900 unit. Dengan yang varian terpopuler di Kaltim yakni Brio, HRV dan CRV. Dijelaskannya, market share Honda di Samarinda dan Kaltim saat ini berada di posisi 14,7 persen. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, posisi sekarang meningkat lebih 10 persen. Tahun lalu hanya 4,1 persen. Dengan kehadiran Dealer Honda Amartha, manajemen optimistis mampu meningkatkan grafik penjualan di Samarinda dan Kaltim.

Zona pasar di Kaltim, lanjutnya, terbagi di Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan lainnya. Namun dua pasar terbesar yakni di Samarinda dan Balikpapan. Bahkan Samarinda dan sekitarnya menguasai 38 persen dari potensi penjualan Honda di Kaltim. "Jadi, potensi di Kaltim sangat besar. Makanya kami sangat antusias dengan pembukaan Dealer Amartha Samarinda ini untuk menopang strategi Honda secara keseluruhan," ujar Andy.

Mengenai angka permintaan di Provinsi Kaltim, ia menyebut, sekitar 3.000 unit. Dari jumlah tersebut khusus permintaan dari Samarinda sekitar 40 persen.

Jonfis Fandy menambahkan, manajamen melihat Kota Samarinda memiliki potensi pasar yang sangat baik. "Ini yang membuat kami terus berekspansi ke seluruh Indonesia dan menambah dealer di Samarinda dengan harapan memberikan kontribusi terbaik dalam melayani konsumen," tambahnya.

Untuk diketahui, Dealer Honda Amartha Samarinda dengan nilai investasi Rp 70 miliar, menawarkan layanan 3S & BP (Sales, Service, Spare Parts, dan Body & Paint) yang sesuai dengan standar tinggi Honda. Dealer ini dibangun di lahan seluas 8.312 meter persegi dan luas bangunan 8.141 meter persegi.

Dealer yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki berbagai fasilitas yakni waiting lounge, private zone, café zone, food zone with free drinks, internet zone, smoking room, charging station, magazine rack, kids zone, nursery room, wi-fi, mushola dan CCTV.

Guna memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, Honda Amartha Samarinda juga memiliki fasilitas servis dengan area seluas 2.996 meter persegi yang dilengkapi dengan 8 bay general repair, 7 bay perawatan berkala, 3 bay quick service, 1 bay final inspection, 1 bay spooring, 6 bay washing, 15 service parking, dan 6 reception & delivery.

Tak hanya itu. Dealer ini juga dilengkapi dengan fasilitas body & paint dengan 2 bay assembly, 3 bay beating, 1 bay frame alligment, 4 bay putty, 1 bay primer surfacer sanding, 3 bay paint preparation, 1 spray booth, 3 bay polishing, 1 bay final inspection, dan 9 bay BP parking.

Selain itu, Honda Amartha Samarinda juga memiliki area spareparts seluas 283 meter persegi untuk memastikan ketersediaan suku cadang Honda dengan lebih lengkap dan lebih cepat, bagi konsumen di Kota Samarinda dan Provinsi Kaltim.

Hingga saat ini, Honda telah memiliki 151 dealer resmi dan 50 sub dealer 3S yang juga melayani penjualan dan purna jual Honda, sehingga secara total Honda telah memiliki 201 dealer dan sub dealer di seluruh Indonesia.(*)

Penulis: Cornel Dimas Satrio
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved