Sejarah Hari Ini

SEJARAH HARI INI Hari Permasyarakatan Indonesia, Ini 7 Lapas dengan Napi Terbanyak di Indonesia

Sejarah hari ini, setiap tanggal 27 April diperingati sebagai Hari Permasyarakatan Indonesia atau dikenal juga dengan Hari Bhakti Pemasyarakatan

SEJARAH HARI INI Hari Permasyarakatan Indonesia, Ini 7 Lapas dengan Napi Terbanyak di Indonesia
Kolase newsok.com
SEJARAH HARI INI Hari Permasyarakatan Indonesia, Ini 7 Lapas dengan Napi Terbanyak di Indonesia 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejarah hari ini, setiap tanggal 27 April diperingati sebagai Hari Permasyarakatan Indonesia atau dikenal juga dengan Hari Bhakti Pemasyarakatan.

Peringatan Hari Permasyarakatan Indonesia atau Hari Bhakti Pemasyarakatan tidak bisa dilepaskan dari sejarah 55 tahun silam.

Adalah Menteri Kehakiman Prof Sahardjo SH kala itu yang menggagas konsep pemasyarakatan pertama kali di Indonesia.

Ia menyatakan bahwa tugas jawatan kepenjaraan bukan hanya melaksanakan hukuman, melainkan tugas yang jauh lebih berat adalah mengembalikan orang-orang yang dijatuhi pidana ke dalam masyarakat.

Beberapa perbaikan di segala aspek telah dilakukan pemerintah demi meningkatkan kualitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), namun masih saja menyisakan beberapa kekurangan.

Terlepas dari segala kontroversi dan stigma negatif, lapas tentu harus mendapat perhatian besar dari semua pihak.

Peringatan Hari Permasyarakatan Indonesia atau Hari Bhakti Pemasyarakatan merupakan salah satu hari yang penting untuk babak baru bagi para narapidana yang sebelumnya hanya di katakan sebagai seorang penjahat dan tidak di pedulikan atas nasibnya di tengah masyarakat.

Adanya Hari Permasyarakatan Indonesia atau Hari Bhakti Pemasyarakatan menyadarkan kita bahwa para narapidana merupakan bagian dari masyarakat yang nantinya kelak jika mereka keluar dari lapas mampu berbabur dan menjadi manusia normal seperti yang lainnya.

Fungsi dari lembaga pemasyarakat bukan hanya dapat membuat para narapidana lebih dimanusiakan sebagai manusia.

Tapi juga dipastikan hak mereka sebagai manusia yang utuh akan di dapatkan, dimana dalam lapas mereka akan mendapatkan pembinaan khusus seperti keterampilan, pembentukan akhlak, penguatan mental dan masih banyak yang lainnnya lagi.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Ayuk Fitri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved