Perbankan

Tabungan SimPel Mencapai Rp 94 Miliar, Bankaltimtara Tambah Lagi 17 Armada Layanan ke Sekolah

Sebelumnya sudah ada 22 armada SimPel. Tahun ini ditambah lagi 17 unit armada untuk memudahkan pick up service ke sekolah-sekolah.

Tabungan SimPel Mencapai Rp 94 Miliar, Bankaltimtara Tambah Lagi 17 Armada Layanan ke Sekolah
HO/HUMAS BANKALTIMTARA
Direktur Utama Bankaltimtara Zainuddin Fanani menyerahkan tas sekolah kepada salah seorang murid, saat sosialisasi Tabungan SimPel di Sekolah Dasar 019 Jl Banggeris Samarinda, awal April 2019 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA- Grafik pencapaian program Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) PT BPD Kaltim dan Kaltara (Bankaltimtara) meningkat tajam. Posisi akhir 2018 lalu tercatat senilai Rp 94,175 miliar. Angka tersebut tumbuh 66,56 persen dari tahun 2017 sebesar Rp 56,542 miliar.

Pencapaian ini, menurut Direktur Utama Bankaltimtara Zainuddin Fanani, merupakan keberhasilan Bankaltimtara dalam menjalankan program dari pemerintah maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sekaligus sebagai acuan manajemen bank dalam meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Melihat potensialnya Tabungan SimPel, Bankaltimtara tahun 2019 ini menambah lagi 17 armada layanan SimPel. "Sebelumnya sudah ada 22 armada SimPel. Tahun ini ditambah lagi 17 unit armada untuk memudahkan pick up service ke sekolah-sekolah. Tanggal 3 Mei diselenggarakan SimPel Day," tutur Zainuddin Fanani yang didampingi Pemimpin Sekretariat Perusahaan Bankaltimtara Abdul Haris Sahilin, di Jakarta.

Selain menambah armada layanan, Bankaltimtara merencanakan Agen SimPel yang akan bertugas sebagai representatif bank guna memudahkan transaksi Tabungan Simpel.

Program Tabungan SimPel Bankaltimtara tidak hanya di Kaltim dan Kaltara, namun ekspansi hingga ke Tawau Sabah-Malaysia. Menurut Zainuddin, peningkatan literasi dan edukasi tentang Tabungan Simpel telah dilakukan di Tawau Sabah-Malaysia khusus untuk anak-anak para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bersekolah di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau Community Learning Center (CLC), pada awal Maret 2019 lalu.(*)

Dengan jumlah 1.493 anak yang terdapat pada 11 CLC di Tawau, sebanyak 787 anak yang sudah memiliki Tabungan di Bankaltimtara. Di antaranya 413 Tabungan SimPel, 323 TabunganKu, 51 Tabungan Simpeda dengan masing-masing nominal saldo sebesar Rp 255 juta, Rp 154 juta dan Rp 121 juta.

Untuk diketahui, Tabungan SimPel diluncurkan secara nasional pada 14 Juni 2015 di Jakarta merupakan prakarsa dari OJK. Program ini dimaksudkan untuk membangun pemahaman dan keterampilan menggunakan produk dan jasa keuangan untuk kelompok pelajar, karena pemahaman akan produk dan jasa keuangan di tingkat pelajar dinilai masih rendah.(*)

Penulis: Fransina Luhukay
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved