Mudik Lebaran 2019

Mudik Jalur Darat, Ini Imbauan Dirlantas Polda Kaltara

Beberapa ruas jalan trans Kalimantan mulai dari Berau (Kalimantan Timur) hingga Malinau (Kalimantan Utara) patut diwaspadai pemudik.

Editor: Samir Paturusi
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Salah satu ruas jalan di pertigaan Tanjung Selor, Berau, Tanah Kuning, diabadikan, Selasa (28/5/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Beberapa ruas jalan trans Kalimantan mulai dari Berau (Kalimantan Timur) hingga Malinau (Kalimantan Utara) patut diwaspadai pemudik.

Selain karena kondisinya yang rusak juga kurang fasilitas lampu penerangan di malam hari.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Noviar mengingatkan, pemudik yang melalui jalan trans Kalimantan khususnya di Kalimantan Utara untuk berhati-hati. Walaupun saat ini, beberapa ruas tengah diperbaiki oleh Balai Jalan Nasional.

"Pemudik tentu akan berbeda-beda hari melakukan perjalanan mudik. Mungkin ada jalur yang belum diperbaiki pada saat dia berangkat.

Dan beberapa hari setelah itu ada yang sudah selesai lagi diperbaiki," kata Kombes Pol Noviar saat ditemui  Tribunkaltim.co, Selasa (28/5/2019) di Mapolda Kalimantan Utara.

Beberapa titik kerusakan juga sudah diberi spanduk peringatan. Demikian juga titik-titik rawan kecelakaan, dan longsor.

Noviar mengatakan, hal tersebut sebagai antisipasi untuk meminimalisir out of control saat berkendara.

"Jangan sampai masuk ke lubang. Kalau malam hari agak gelap juga," ujarnya.

Ia meminta pemudik memperhatikan batas kecepatan aman berkendara. Kondisi fisik tubuh dan kondisi keamanan dan keselamatan kendaraan juga harus dipastikan siap.

"Harus siap semuanya agar perjalanan lancar, aman sampai tujuan," ujarnya.

Dalam arus mudik ini, Ditlantas Polda Kalimantan Utara turut memberi perhatian khusus terhadap arus kendaraan dari arah Berau, utamanya kendaraan barang.

"Karena biasanya dari arah Berau itu mengangkut barang. Harus kami pastikan juga lancar supaya tidak kendala distribusi barang masuk ke Kalimantan Utara," ujarnya.

Sebelumnya, Kombes Pol Noviar menjelaskan, ada beberapa titik rawan kecelakaan di trans Kalimantan mulai dari Berau, memasuki Bulungan, Tana Tidung, hingga ruas Malinau. 

Di jalan trans Kalimantan poros Bulungan-Berau tercatat ada 9 titik kerusakan. Antara lain kilometer 7, kilometer 12, kilometer 36, kilometer 27, kilometer 31-32 kilometer 40-42.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved