Mudik Lebaran 2019

Mudik, Ketahui Titik-titik Posko Kesehatan di Kalimantan Utara

Dinas Kesehatan Kalimantan Utara menempatkan tenaga kesehatan di 15 pos pelayanan mudik yang tersebar di Kalimantan Utara.

Mudik, Ketahui Titik-titik Posko Kesehatan di Kalimantan Utara
TribunKaltim.CO/Muhammad Arfan
Sejumlah tenaga kesehatan di RSUD Soemarno Sosroatmodjo Bulungan, mereka akan ditempatkan di posko untuk membantu pemudik 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Dinas Kesehatan Kalimantan Utara menempatkan tenaga kesehatan di 15 pos pelayanan mudik yang tersebar di Kalimantan Utara. Tenaga kesehatan yang ditempatkan mencakup dokter umum dan paramedis.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Utara Usman mengatakan, tenaga medis yang disiapkan tersebut telah ditempatkan di pos masing-masing. Mereka bersama jajaran Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Senkom.

"Mereka sudah standby di pos masing-masing. Sudah siap memberikan layanan kesehatan bagi pemudik yang membutuhkan," kata Usman, Kamis (30/5/2019).

Jumlah tenaga kesehatan yang terlibat dalam pos pelayanan mencapai 23 orang paramedis dan 2 dokter umum. Tenaga kesehatan ini merupakan tenaga kesehatan yang ditunjuk dari setiap kabupaten/kota.

"Satu posko ada 2 kita tempatkan tenaga kesehatan. Ada juga disiapkan mobil ambulans," katanya.

Pemudik sebut Usman rentan kelelahan. Di saat kondisi seperti itu, tenaga kesehatan mulai dibutuhkan dan tidak tertutup kemungkinan juga ada pemudik yang jatuh sakit.

"Artinya, dengan adanya posko kesehatan itu, minimal bisa dilakukan pertolongan pertama, dan kita bersyukur jika setelah diberi pertolongan di posko, pemudik kembali fit dan bisa melanjutkan perjalannya," ujarnya.

Untuk diketahui, 15 titik posko kesehatan tersebut antara lain di Kabupaten Bulungan berlokasi di Pelabuhan Speed Besar Sabanar Lama, Simpang KM 2 Jalan Jelarai, Tambangan Penyebrangan Tanjung Palas.

Di Kabupaten Tana Tidung (KTT) terdapat Pelabuhan Speed Tidung Pala, dan Pelabuhan Speed Sesayap. Sedang di Kabupaten Malinau terdapat di Bandara R.A Bessing, Pelabuhan Speed Malinau, Pos Jaga Jalan Tanjung Belimbing.

Kemudian di Kabupaten Nunukan ada di Pelabuhan Speed Nunukan dan Pelabuhan Kapal Ferry Nunukan.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved