Mudik Lebaran 2019

Basarnas Samarinda Tiada Henti Pantau Arus Mudik Lebaran 2019, Soroti Tempat Kerumunan Masyarakat

Basarnas melalui Unit Siaga SAR Samarinda membuka posko Siaga SAR angkutan lebaran di Kantor BPBD Provinsi Kaltim, Jalan MT Haryono.

Basarnas Samarinda Tiada Henti Pantau Arus Mudik Lebaran 2019, Soroti Tempat Kerumunan Masyarakat
HO/Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda
MUDIK LEBARAN - Puluhan pemudik di Pelabuhan Samarinda tertinggal kapal akibat jadwal keberangkatan dipercepat, Kamis (30/5/2019). Selain itu juga ada personel gabungan melakukan pengawasan serta penjagaan disejumlah obyek vital dan kerumunan massa, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Basarnas melalui Unit Siaga SAR Samarinda membuka posko Siaga SAR angkutan lebaran di Kantor BPBD Provinsi Kaltim, Jalan MT Haryono.

Selain posko induk, pihaknya bersama instansi lainnya juga standby di Posko angkutan lebaran yang terdapat di Bandara APT Pranoto dan pelabuhan Samarinda.

"Tapi kami sifatnya mobile, kita pantau sejumlah tempat. Namun, di tiga posko tersebut kita standby kan personel," ucap Kepala Unit Siaga SAR Samarinda, Dede Hariana, Sabtu (1/6/2019).

Selain bandara dan pelabuhan, pihaknya juga melakukan pengawasan disejumlah tempat keramaian warga, seperti rumah sakit, obyek wisata.

Sedangkan hal-hal yang diantisipasi diantaranya kecelakaan hingga orang tenggelam.

"Ada tiga komponen yang kita lakukan, yakni mencari, menolong dan mengevakuasi," imbuhnya.

Posko Siaga SAR telah beroperasi sejak H-7 hingga H+7 pada arus mudik dan balik lebaran.

"Sejauh ini masih aman terkendali. Untuk yang mudik agar selalu mengutamakan keselamatan, baik di pelabuhan dengan menggunakan life jacket, di bandara dengan mengetahui tempat-tempat menyimpan alat kedaruratan, dan cek kendaraan terlebih dahulu yang menggunakan jalur darat," ungkapnya.

Di tempat terpisah, menjelang Lebaran Idul Fitri 2019, jumlah penumpang dari Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur mulai menunjukkan peningkatan, Sabtu (1/6/2019).

Jumlah penumpang mulai meningkat dibandingkan awal Ramadhan. 

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved