Lebaran 2019

Kapal Klotok Masih Jadi Transportasi Andalan Mudik Lebaran

Mereka memilih kapal klotok sebagai sarana transportasi mudik, karena harga yang murah serta dapat mengangkut kendaraan roda dua

Kapal Klotok Masih Jadi Transportasi Andalan Mudik Lebaran
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Pelabuhan Kapal Klotok, tampak masyarakat yang akan mudik┬ábaik dari daerah sekitar maupun dari luar daerah┬ámemadati pelabuhan Klotok, Senin (3/6/2019). 

 TRIBUNKALTIM.CO,  PENAJAM - Memasuki H-2 hari raya Idul Fitri 1440 H, jumlah penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Penajam Paser Utara (PPU) - Balikpapan mulai memadat. Penumpang adalah mereka yang akan menuju atau dari Pelabuhan Kampung Baru, Kota Balikpapan.

Pantauan Tribunkaltim.co, masyarakat di Pelabuhan Klotok mayoritas merupakan pemudik, terbukti dari barang bawaan mereka, mulai dari tas jinjing, koper sampai kardus.

Mereka memilih kapal klotok sebagai sarana transportasi mudik, karena harga yang murah serta dapat mengangkut kendaraan roda dua.

Kebanyakan pemudik yang menyeberangkan kendaraan roda dua adalah pemudik lokal Kalimantan Timur, seperti dari Balikpapan dan Samarinda.

Seperti Fahrul Muslim, pria yang sehari-hari bekerja di Kota Balikpapan ini menyempatkan waktu liburnya untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga besar di PPU.

"Insya Allah lebaran dengan keluarga besar di PPU," kata Fahrul Muslim, Senin (3/6/2019).

Fahrul Muslim memilih Kapal Klotok karena selain dapat mengangkut kendaraan roda dua miliknya, tingkat keamanan dari kapal kayu ini dinilai cukup bagus.

"Ada tempat duduk dan tersedia ruangan. Ada pelampung juga jadi lebih safety," papar Fahrul Muslim.

Fahrul Muslim mudik bersama istri, anak dan kedua adiknya mengaku lebih sering menggunakan kapal klotok.

Untuk harga, penumpang yang tidak membawa kendaraan dibandrol Rp 10.000 per orang, sedangkan sepeda motor Rp 35.000 per unit.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved