Awalnya PLTU Mangkrak, PLTMG 2x7,5 MW Ini Rencana Juli Ini Mulai Operasi

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 2x7,5 Mega Watt (MW) memasuki tahap-tahap akhir.

Awalnya PLTU Mangkrak, PLTMG 2x7,5 MW Ini Rencana Juli Ini Mulai Operasi
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie memberi pemaparan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dalam kunjungan di lokasi PLTU mangkrak di Tanjung Selor Oktober 2016 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 2x7,5 Mega Watt (MW) memasuki tahap-tahap akhir.

Rencananya pembangkit tersebut akan mulai beroperasi bulan Juli 2019.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Utara Ferdy Manurun Tanduklangi menjelaskan, kapasitas daya yang dihasilkan PLTNG tersebut akan membuat pasokan listrik di Kalimantan Utara menjadi surplus.

Sebab sejauh ini, kebutuhan dan suplai masih seimbang, dengan rasio elektrifikasi mencapai 86,83 persen.

"Jadi akan berfungsi sebagai cadangan. Karena kita tahu pembangunan terus berkenbang, khususnya di Bulungan. Tentu pembangunan butuh listrik," ujar Ferdy kepada Tribunkaltim.co di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Senin (10/6/2019).

Selain itu, pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV dari Kalimantan Timur ke Kalimantan Utara sudah hampir rampung.

Surplus listrik di Kalimantan Timur sebesar 200 Mega Watt juga dapat disuplai ke Kalimantan Utara jika ada kekurangan nantinya.

Selain itu, jaringan SUTT akan mengkoneksikan beberapa pembangkit dan rencana pembangunan pembangkit seperti PLTU Malinau 2 x 3 MW, PLTMG Nunukan II 10 MW, PLTMG Sei Menggaris 2 x 20 MW, PLTMG Gunung Belah 2 x 18 M, PLTMG Tarakan 40 MW, PLTU Tanjung Selor 2 x 7 MW, dan PLTMG Tanjung Selor 15 MW. 

"Itu kita tinggal konekkan saja. Kecuali beberapa titik seperti Bunyu, memang harus ada perlakuan khusus," ujarnya.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 2x7,5 Mega Watt (MW) memasuki tahap-tahap akhir.
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 2x7,5 Mega Watt (MW) memasuki tahap-tahap akhir. (TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan)

Rencananya PT PLN Persero kata Ferdy,  akan mengoperasikan PLTMG tersebut bulan Juni ini. Namun masih ada beberapa rangkaian tes yang mesti dilakukam sehingga kemungkinan diundur ke bulan Juli.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved