Lakukan Perencaan Pembunuhan, Tersangka SN dan RM Terancam Hukuman Mati

Pasal berlapis akan menjerat 2 pelaku pembunuh Marco Fernando Mancini, warga penyandang tuna rungu di Balikpapan.

Lakukan Perencaan Pembunuhan, Tersangka SN dan RM Terancam Hukuman Mati
TribunKaltim.Co/Muhammad Fchri Ramadhani
Kedua tersangka pembunuhan Marco Fernando Mancini, RM dan SN mengenakan masker saat dibawa anggota opsnal Polsek Balikpapan Utara, Rabu (12/6/2019) kemarin. 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN - Pasal berlapis akan menjerat 2 pelaku pembunuh Marco Fernando Mancini, warga penyandang tuna rungu di Balikpapan. Salah satunya adalah pasal 340 KUHP tentang pidana pembunuhan berencana.

Tersangka SN (30) dan RM (37) kepada petugas mengatakan,  aksi kejahatan mereka telah direncanakan sebelumnya. Mulai dari membuat skenario hingga mempersiapkan perlengkapan menghabisi nyawa korban.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra melalui Kasat Reskrim AKP Makhfud Hidayat, mengatakan selain pasal 340 KUHP, juga dilapis pasal 170 KUHP (2) tentang penganiayaan yang mengakibatkan kematian.

"Ancaman hukuman mati atau seumur hidup, atau hukuman penjara tertentu selama 20 tahun," ungkapnya, Kamis (13/6/2019).

Sekadar mengingatkan, motif penganiayaan yang berujung pada kematian Marco Fernando Mancini (31) terkuak. Tak lain soal dendam saat malam takbiran. Antara pelaku dan korban sempat ribut sehari sebelum hari Lebaran 2019.

Dari pengakuan tersangka SN (30) dan RM (37) kepada petugas, keributan terjadi di Lapangan Foni Balikpapan Barat.

Kedua pelaku yang merupakan tukang parkir di kawasan tersebut cekcok dengan korban.

Mereka mengaku dipalak korban. Tak terima keributan terjadi, kedua pelaku yang membawa sajam tersebut balik mengejar korban.

Hari itu , korban selamat dari kejaran SN dan RM. Namun ternyata persoalan tersebut belum selesai sampai di sana. Dendam tersebut ternyata dipupuk. Salah satu pelaku kebetulan juga keluar kota.

Nah, saat kembali ke Balikpapan. Rencana pembalasan dendam pun dibuat. Selasa (11/6/2019) malam di rumah SN mereka buat skenario.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved