Stok Darah Menipis, Ketua PMI Balikpapan Ajak Warga untuk Donor Darah

mengajak warga Balikpapan untuk melakukan donor darah di kantor PMI Balikpapan, pada acara halal bihalal PMI Kota Balikpapan dalam waktu dekat ini.

Stok Darah Menipis, Ketua PMI Balikpapan Ajak Warga untuk Donor Darah
Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Drg Dyah Muryani, Ketua PMI Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.COBALIKPAPAN - Berbagai cara untuk melakukan aksi kemanusiaan. Salah satunya dengan rutin melakukan donor darah, sebab setetes darah anda adalah nyawa bagi sesama.

Ketua PMI Balikpapan Dyah Muryani mengajak warga Balikpapan untuk melakukan donor darah di kantor PMI Balikpapan,  pada acara halal bihalal PMI Kota Balikpapan dalam waktu dekat ini.

" Kami akan mengadakan halal bihalal, sekaligus acara donor darah. Kami siapkan 50 kantong untuk tamu undangan," kata Dyah.

Sejauh ini, sudah ada 30 orang yamg melakukan pendaftaran donor darah. "Kami berharap terus bertambah, dan warga Balikpapan ikut berpartisipasi dalam aksi sosial ini," ujar Dyah

Dyah menyampaikan, stok darah di Kantor PMI Balikpapan yang sering kosong yakni golongan darah AB dan O.

"Kalau kosong dan ada yang membutuhkan kami memanggil pendonor relawan. Memang terbatas stok darah AB dan O, karena untuk transfusi lebih banyak golongan darah itu yang dibutuhkan," kata Dyah.

Namun demikian, ia mengatakan tak perlu khawatir PMI Balikpapan sudah memiliki daftar pendonor aktif, karena bila stok  habis maka bisa memanggil pendonor relawan.

"Kami mohon bantuan khususnya kepada media, untuk menyebar luaskan informasi, karena sudah selesai bulan Ramadhan dan selesai puasa Syawal bisa mendonorkan darahnya untuk membantu demi kemanusiaan," katanya .

Pendonor aktif di Kota Balikpapan ada sekitar 300 orang, dan relawan pendonor yang rutin sekitar 300 lebih. Ada juga komunitas perusahaan-perusahaan yang rutin mengadakan donor darah.

"Petugas PMI Balikpapan setiap hari jalan untuk mengumpulkan darah, paling banyak pendonor darah B dan A, sehingga stok darahnya cukup," ujarnya. (*)

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved