Gara-gara Mau Ambil Motor yang Digadai, Korban Dikarungi dan Dibuang di Sungai Dondang

IF yang diduga melakukan pembunuhan terhadap Ardiansyah (60), warga Jl Handil-Balikpapan, hendak kabur ke Jawa bersama motor rampasannya.

Gara-gara Mau Ambil Motor yang Digadai, Korban Dikarungi dan Dibuang di Sungai Dondang
HO/ Polsek Muara Jawa
IF, warga Muara Jawa diamankan Jatanras Polda Kaltim dan Polsek Muara Jawa yang dipimpin Kapolsek Muara Jawa AKP Pormelli Hasugian di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kamis (13/6/2019) pukul 20.30 

TRIBUNKALTIM. CO, MUARA JAWA - IF (30), warga Jl Ahmad Yani RT 13, Kelurahan Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa, Kukar, tak berkutik saat anggota Jatanras Polda Kaltim dan Polsek Muara Jawa menangkapnya di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kamis (13/6/2019).

IF yang diduga melakukan pembunuhan terhadap temannya, Ardiansyah (60), warga Jl Handil-Balikpapan, Kecamatan Samboja, hendak kabur ke Jawa bersama motor yang dirampasnya dari korban.

"Saat ini kami masih melakukan pencarian terhadap korban mulai kemarin hingga sekarang, bahkan sampai 2 hari ke depan," kata AKBP Anwar Haidar, Kapolres Kukar melalui Kapolsek Muara Jawa, AKP Pormelli Hasugian, Jumat (14/6/2019) sore.

Upaya pencarian terhadap korban menjadi pusat perhatian warga dan pengendara yang kebetulan melintasi Jembatan Dondang Muara Jawa.

Hasugian mengatakan, motif pembunuhan ini dipicu gara-gara mau mengambil motor Honda Scoopy warna hitam miliknya yang sudah terlanjur digadaikan ke korban senilai Rp 2 juta.

Dari penuturan pelaku, ia menghabisi nyawa korbannya, Minggu (9/6/2019) pukul 22.00. Pelaku bertandang ke rumah korban dengan menyewa jasa ojek.

"Ia bermaksud mengambil motornya kembali yang digadaikan kepada korban," ujar Hasugian.

Selanjutnya, korban mengantarkan pulang pelaku ke rumahnya. Ketika mau pamit pulang meninggalkan rumah pelaku, korban langsung dipiting lehernya oleh pelaku di teras rumah.

Korban diikat pakai tali nylon di bagian leher dan diseret ke dalam rumah yang mengakibatkan korban meninggal dunia. "Pelaku keluar rumah untuk mencari karung, lalu ia memasukkan jasad korban dalam karung yang sebelumnya diisi batu," tuturnya.

Senin (10/6/2019) pukul 03.00, lanjutnya, pelaku membawa korban pakai motor ke arah Jembatan Dondang dan melempar korban yang dibungkus karung sampai ke sungai.

"Rencananya, pelaku mengambil motornya kembali untuk pulang ke Jawa, di sana ia mau menjualnya lagi," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved