Bulan Mei Catat Rekor, 885 Pendaki Capai Puncak Tertinggi Dunia Gunung Everest

Pendakian ke Gunung Everest tahun ini mencatatkan rekor dengan 885 orang mencapai puncak tertinggi di dunia itu pada bulan Mei lalu.

Bulan Mei Catat Rekor, 885 Pendaki Capai Puncak Tertinggi Dunia Gunung Everest
AFP/PROJECT POSSIBLE
Bulan Mei Catat Rekor, 885 Pendaki Capai Puncak Tertinggi Dunia Gunung Everest 

TRIBUNKALTIM.CO, SOLUKHUMBU - Pendakian ke Gunung Everest tahun ini mencatatkan rekor dengan 885 orang mencapai puncak tertinggi di dunia itu pada bulan Mei lalu.

Meski demikian, sebanyak 11 pendaki tewas di Gunung Everest musim ini, dengan empat di antaranya disebabkan padatnya jalur pendakian.

Jumlah korban tewas di Everet musim ini menjadi yang tertinggi, sejak 2015, ketika gempa besar memicu longsoran dan menyapu kamp-kamp pendaki dan menewaskan 22 orang.

Sementara jumlah pendaki yang mencapai puncak Everest musim ini meningkat 78 orang dibandingkan rekor tahun lalu yang mencapai 807 pendaki ke puncak.

Peningkatan jumlah pendakian ke puncak itu terjadi di tengah jendela cuaca yang cukup singkat dan mengakibatkan kemacetan parah di jalur menuju puncak.

Data dari pihak berwenang, Selasa (18/6/2019), menyebut sebanyak 644 pendaki mencapai puncak dari jalur selatan.

Jumlah tersebut lebih banyak 81 orang dibandingkan tahun lalu. Sementara dari jalur utara di Tibet, sebanyak 241 pendaki mencapai puncak, lebih sedikit tiga pendaki dibanding tahun lalu.

Demikian dilaporkan kantor berita Xinhua. Banyaknya pendaki yang bergerak ke puncak menjadikan jalur pendakian macet dan memaksa para pendaki mengantre selama berjam-jam di suhu minus demi dapat mencapai ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut.

Para pendaki juga dibayangi risiko menderita radang dingin, penyakit ketinggian, dan kelelahan akibat kadar oksigen yang menipis.

Para pakar melihat musim ini terlalu banyak gelombang turis pendaki yang tidak siap dan tidak berpengalaman.

Halaman
123
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved