Satwa Mamalia

Satwa Terdampar di Sungai Manggar Bukan Pesut tapi Mamalia Paus Kepala Melon, Sempat jadi Perdebatan

Warga sempat temukan mamalia laut di Sungai Manggar Kota Balikpapan, awalnya disebut Pesut. Ada perdebatan kemudian ini adalah Paus Kepala Melon.

Penulis: Budi Susilo |
semuaikan.com
Bentuk wujud Paus Kepala Melon atau Melon Head Whale yang memiliki bahasa latin Peponocephala electra. Sebagian masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan kampung nelayan Manggar, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dikagetkan penampakan satwa Paus Kepala Melon di Sungai Manggar, Selili, Kecamatan Balikpapan Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 09.00 Wita pada Jumat (21/6/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebagian masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan kampung nelayan Manggar, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dikagetkan penampakan satwa di air. 

Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 09.00 Wita pada Jumat (21/6/2019). 

Tentu saja peristiwa ini membuat warga sekitaran pun penasaran, apa yang sebenarnya terjadi. 

Sempat mengira satwa yang dimaksud itu buaya dan Paus, bahkan juga ada yang menebak Pesut atau Lumba-lumba.

Tetapi ternyata, setelah didekati lebih jeli itu bukan itu semua.

Satwa yang ditemukan di pinggiran perairan wilayah Manggar ini ialah mamalia, Paus Kepala Melon atau Melon Head Whale yang bahasa ilmiahnya disebut Peponocephala electra.

Hal ini disampaikan oleh Hery Saputro, Koordinator Tempat Pelelangan Ikan Klandasan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Balikpapan kepada Tribunkaltim.co melalui pesan WhatsApp pada Jumat (21/6/2019) siang.

Dia jelaskan, awalnya ditebak itu sebagai satwa mamalia Pesut tetapi ternyata setelah dikaji mamalia itu jenis Paus Kepala Melon.

Mulanya memang ditebak itu Pesut, tapi lalu terjadi perdebatan. Kemudian dikaji dan dipelajari itu jenis Paus Kepala Melon, mamalia laut.

"Awalnya terjadi perdebatan tetapi akhirnya kita semua para pemerhati biota laut atau matine mammal, sepakat bahwa itu adalah Paus Kepala Melon, Melon Head Whale, peponocephala electra," tulisnya di WhatsApp.

Menurutnya, disebut Paus sebab dari ciri-ciri bentuk fisiknya.

Secara pengamatan, Paus Kepala Melon itu berkarakter kepala yang langsing dan mengerucut.

Sirip dorsal pun tinggi disertai ada flipper panjang dan tajam. Warna tubuhnya pun hitam.

Pada bagian kepala Paus Kepala Melon ini pun ada semacam bentuk segitiga dan bentuk kurva hitam di tubuh bagian bawah sirip dorsal.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved