Banjir di Bontang

Pemprov Kaltim Gelontorkan Anggaran Rp 71 Miliar tuk Atasi Persoalan Banjir di Bontang

Pemkot Bontang agar Pemprov Kaltim segera membangun Waduk di Suka Rahmat Kabupaten Kutai Timur sebagai upaya penanggulangan banjir di Kota Bontang

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG – Desakan Pemkot Bontang agar Pemprov Kaltim segera membangun Waduk di Suka Rahmat Kabupaten Kutai Timur sebagai upaya penanggulangan banjir di Kota Bontang, Kalimantan Timur berbuah manis.

Pemprov Kalimantan Timur mengalokasikan anggaran Rp 50 miliar untuk penanggulangan banjir di hulu Sungai Bontang.

Hal ini dikatakan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni saat menghadiri rapat kerja bersama stakeholder terkait di Pendopo, Rujab Wali Kota Bontang, jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Senin (25/6/2019).

Wali Kota Neni mengatakan, komunikasi dan koordinasi dengan Pemprov Kalimantan Timur dilakukan secara intens sejak beberapa pekan terakhir.

Pemkot Bontang mendesak agar pembangunan waduk di hulu sungai segera dikerjakan.

Selain itu, Neni juga meminta agar reboisasi di kawasan hulu sungai Bontang ditingkatkan.

Serapan rendah di kawasan hulu menyebabkan air tak diserap bumi, melainkan mengalir sampai ke hilir sungai (Bontang).

“Alhamdulilah hasil konsulatasi dan komunikasi dengan Pemprov kemarin, hasilnya Pemprov bakal alokasikan dana untuk kegiatan hulu sekitar RP 50 miliar,” ujar Neni saat memimpin rapat kerja.

SEMAKIN TINGGI — Tinggi permukaan banjir semakin meningkat di RT 25, Kelurahan Telihan, Kecamatan Bontang Barat. Warga membutuhkan perahu karet untuk mengevakuasi keluarga yang masih terjebak banjir.
SEMAKIN TINGGI — Tinggi permukaan banjir semakin meningkat di RT 25, Kelurahan Telihan, Kecamatan Bontang Barat. Warga membutuhkan perahu karet untuk mengevakuasi keluarga yang masih terjebak banjir. (TribunKaltim.co / Ichwal Setiawan)

Kondisi di hulu sungai Bontang cukup terbuka. Perlu percepatan penghijauan kembali agar serapan air di sana bisa maksimal.

Program percepatan ini nantinya bakal dibiayai oleh Pemprov sebab APBD Bontang tak bisa dialokasikan ke daerah di luar Bontang.

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved