Pilpres 2019

Sederet Fakta Pengunjukrasa di MK Hari Ini, 10 Organisasi, Hingga Tak Ingin Jokowi-Prabowo Akur

Pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 akan diwarnai unjuk rasa. Meski BPN Prabowo-Sandi melarang. Berikut sederet faktanya

Sederet Fakta Pengunjukrasa di MK Hari Ini, 10 Organisasi, Hingga Tak Ingin Jokowi-Prabowo Akur
YouTube Mahkamah Konstitusi RI
11 Jam Lagi Mahkamah Konstitusi Tutup Pendaftaran Gugatan Pilpres 2019, Prabowo-Sandi jadi Daftar? 

TRIBUNKALTIM.CO - Mahkamah Konstitusi akan membacakan putusan sidang sengketa hasil Pilpres 2019, Kamis (27/6/2019), pukul 12.30 WIB.

Pembacaan amar putusan yang dilakukan secara bergantian oleh 9 Hakim Mahkamah Konstitusi ini akan diwarnai unjuk rasa.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuturkan sebanyak 40 ribu personel gabungan TNI-Polri telah disiapkan guna pengamanan.

Moeldoko mengatakan, kekuatan TNI-Polri untuk mengamankan sidang putusan MK cukup besar.

"Kekuatan TNI-Polri cukup besar ada 40.000," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (26/6/2019) dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pihaknya mengimbau massa untuk tak turun ke jalan.

"Seperti yang disampaikan Pak Prabowo apapun hasilnya kami hormati keputusan konstitusional, yang jelas bagi kami masyarakat dan publik tahu mana yang legitimate dan tidak legitimate," kata Dahnil di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Karenanya, Dahnil berharap seluruh masyarakat pendukung Prabowo-Sandi juga dapat menerima apapun keputusan MK, terlepas dari apakah hasilnya akan memuaskan atau tidak.
Dahnil juga kembali mengimbau agar para pendukung pasangan 02 tidak melakukan aksi ke jalan.

"Seperti Prabowo sampaikan bahwa upaya akhir kami adalah konstitusional melalui MK dipimpin mas BW, untuk relawan pendukung masyarakat kami imbau lakukan kegiatan damai berdoa dan sebagainya," kata dia.

Berikut sederet fakta yang dirangkum mengenai aksi unjuk rasa yang akan mewarnai pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi, hari ini.

Dahnil Anzar, Prabowo, dan Sandiaga
Dahnil Anzar, Prabowo, dan Sandiaga (Twitter @Dahnilanzar)
Halaman
1234
Penulis: Rafan Arif Dwinanto
Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved