Aturan Batasan Usia Kendaraan Pribadi, Ini Perkembangan Terbaru dari Kemenhub

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) mengklarifikasi kabar yang beredar mengenai aturan pembatasan usia kendaraan.

Aturan Batasan Usia Kendaraan Pribadi, Ini Perkembangan Terbaru dari Kemenhub
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Pengunjung melihat-lihat mobil tua yang dipamerkan dalam BBQ Ride di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Minggu (9/3/2014). Acara yang berlangsung sehari tersebut, juga memamerkan beragam sepeda motor tua berbagai merek. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNKALTIM.CO - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) mengklarifikasi kabar yang beredar mengenai aturan pembatasan usia kendaraan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan, pembatasan hanya berlaku untuk kendaraan umum saja, bukan kendaraan pribadi.

Hal tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 117 Tahun 2018 dan PM 19 Tahun 2019.

"Yang dimaksud pembatasan usia kendaraan adalah kendaraan-kendaraan untuk angkutan umum. Jadi bus reguler biasa batasan usianya 25 tahun pariwisata 15 tahun," ujar Budi di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

Budi menjelaskan, dalam aturan teranyar mengenai batasan usia transportasi umum tersebut, pemerintah telah melakukan harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, memperpanjang pembatasan usia bus pariwisata yang dari 10 tahun menjadi 15 tahun.

Sementara untuk pembatasan waktu bus reguler masih tetap sama seperti yang dimuat dalam PM Nomor 98 Tahun 2014 yaitu 25 tahun.

Budi pun menegaskan belum ada wacana mengenai pembatasan usia kendaraan pribadi.

Meski, beberapa negara lain sudah mulai menerapkan aturan ini.

Adapun aturan pembatasan usia kendaraan ini dimaksudkan untuk mengurangi volume kendaraan sehingga bisa mengurai kepadatan jalan di perkotaan.

"Saya hanya dorong Pemkot dan Pemprov. Saya bantu Palembang lakukan kajian karena ada LRT dan tingkat kepadatan maka saya sampaikan kajian pembatasan operasional kendaraan," ucapnya.

Halaman
12
Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved