Bandara Kalimarau dan Maratua di Berau Kalimantan Timur Dikembangkan, Pesawat Besar Bisa Masuk

Bandara Kalimarau dan Maratua Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur akan terus dikembangkan demi didarati Pesawat-pesawat berbadan lebar.

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Sebagai salah satu destinasi wisata, Bandara Maratua Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur akan terus dikembangkan.

Terutama dari sisi udara agar bisa didarati Pesawat-pesawat berbadan lebar.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, Abdurrahman.

Dirinya mengatakan, pihaknya diminta untuk memfasilitasi perpanjangan landasan pacu Bandara Maratua, Berau, Kalimantan Timur

“Kami hanya membantu memfasilitasi saja, rencananya akan ditambah 200 mrter, dari 1.600 menjadi 1.800 meter dan kemudian akan ditingkatkan lagi menjadi 2.000 meter. Sekarang bahkan sudah dikerjakan, tinggal pengaspalan saja,” kata Abdurrahman kepada Tribunkaltim.co, Rabu (10/7/2019).

"Dari kementerian yang minta dijadikan 2.000 meter, karena saya dengar Bandara Maratua akan dijadikan bandara internasional," imbuhnya. 

Nah, Pesawat-pesawat yang masuk ini berasal dari luar negeri mengangkut wisatawan dan lokasinya dengan perbatasan.

Perpanjanagn landasan pacu ini, kata Abdurraham juga harus diikuti dengan penambahan Instrument Landing System (ILS) untuk membantu navigasi penerbangan.

“Karena usulan-usulan itu harus disampaikan dari pemerintah daerah, termasuk pemasangan ILS, dan perpanjangan landasan pacu, makanya kami fasilitasi,” jelasnya.

Bandara Maratua akan menambah landasan pacu dari 1.600 meter menjadi 1.800 meter, agar bisa didarati pesawat-pesawat berbadan lebar dan ditingkatkan statusnya menjadi bandara internasional.
Bandara Maratua akan menambah landasan pacu dari 1.600 meter menjadi 1.800 meter, agar bisa didarati pesawat-pesawat berbadan lebar dan ditingkatkan statusnya menjadi bandara internasional. (TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen)

Namun pembangunannya akan dilakukan secara bertahap, pasalnya, menurut Abdurrahman, banyak bandara di daerah lain yang juga mengajukan usulan yang sama.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved