Smartphone

DIRBS Teknologi Pemblokiran IMEI Deteksi Ponsel BM, Ini Smartphone yang akan Diblokir di Indonesia

IMEI adalah Device Identification, Registration, and Blocking System atau DIRBS yang dikembangkan oleh Qualcomm.

TRIBUNKALTIM.CO JAKARTA - Pemberantasan smartphone ilegal alias ponsel BM pasar gelap tampaknya akan segera berlangsung dalam waktu dekat.

Aturannya sedang digodok secara detil oleh 3 kementrian, dan ditargetkan bakal berlaku tepat pada hari kemeredakaan RI, 17 Agustus 2019.

Adapun teknologi yang dipakai adalah DIRBS yang bekerja dengan cara memproses data IMEI yang didapat dan menggunakannya untuk memblokir IMEI hape ilegal lewat operator seluler.

Apa itu Teknologi DIRBS?

Teknologi yang akan dipakai untuk memonitor IMEI tersebut adalah Device Identification, Registration, and Blocking System atau DIRBS yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Hal ini merupakan kelanjutan dari kerjasama strategis pada tahun 2017 antara Qualcomm dan Kemenperin yang telah dituangkan dalam MoU mengenai proses validasi data base IMEI.

"Ini merupakan wujud dukungan Qualcomm dalam membantu pemerintah untuk validasi IMEI," kata Nies Purwanti, Director, Government Affairs South East Asia and Pacific Qualcomm di Jakarta (8/7/2019).

Dalam prosesnya, Qualcomm sudah memberikan transfer teknologi ke pemerintah untuk mengembangkan sistem DIRBS sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

Ponsel BM segera diblokir, ini cara cek IMEI ponselmu
Ponsel BM segera diblokir, ini cara cek IMEI ponselmu (Ilustrasi canva/tribunkaltim)

DIRBS sendiri merupakan platform open source yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mendaftarkan, dan mengontrol akses jaringan seluler melalui nomor IMEI ponsel.

Teknologi ini dikembangkan Qualcomm sebagai sumber terbuka untuk membantu pemerintah, regulator, dan lainnya dalam upaya mereka memerangi penyalahgunaan perangkat palsu, ilegal, dan steril di jaringan seluler.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved