Ibadah Haji 2019

Suaminya Gagal Ginjal Stadium 4, Sang Istri Pilih Dampingi Suami dan Batal Berangkat ke Tanah Suci

Pasangan suami istri ini dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci lantaran tidak lolos pemeriksaan kesehatan di embarkasi haji.

Suaminya Gagal Ginjal Stadium 4, Sang Istri Pilih Dampingi Suami dan Batal Berangkat ke Tanah Suci
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Calon jemaah haji Kota Bandung 2019 mendapat pengarahan di Masjid Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (1/7/2019). Musim haji 2019, Kota Bandung akan memberangkatkan sebanyak 2.605 jemaah plus petugas kloter dalam 10 kloter. Kloter pertama akan berangkat pada 7 Juli 2019. 

TRIBUNKALTIM.CO, BEKASI SELATAN - Pasangan suami istri ini dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci lantaran tidak lolos pemeriksaan kesehatan di embarkasi haji. 

Sebanarnya, hanya sang suami yang tidak dapat berangkat karena alasan kesehatan. 

Namun, istrinya tidak ingin meninggalkan suaminya, ia memilih mendampingi suaminya.

Ketua Panitia Bidang Kesehatan PPIH Jawa Barat, Yani Dwiyuli mengatakan, jemaah calon haji itu atas nama Suwarno (62) dan istrinya bernama Sri Wahyuni (60).

Mereka masuk ke dalam kelompok terbang (kloter) enam yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Arab Saudi pada, Senin (8/7/2019).

"Jadi yang sakit suaminya (Suwarno), tapi karena dia (Sri Wahyuni) setia sama suaminya jadi ikut ekses istilahnya, pendamping enggak ikut berangkat juga," kata Yani kepada TribunJakarta.com, Selasa (9/7/2019).

Suwarno mengidap penyakit gagal ginjal stadium empat, sesuai peraturan Menteri Kesehatan nomor 15 tahun 2016, terntang istithaah atau kesehatan jemaah haji, kondisinya tidak memenuhi syarat dan terpaksa harus ditunda.

"Kriteria istithaah salah satunya gagal ginjal stadium 4 dan 5.

Jemaah calon haji asal Jawa Barat saat mengantre di pemeriksaan imigrasi di Asrama Haji Embarkasi Bekasi
Jemaah calon haji asal Jawa Barat saat mengantre di pemeriksaan imigrasi di Asrama Haji Embarkasi Bekasi (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Tapi, enggak semua pengidap gagal ginjal enggak bisa berangkat, ada jemaah yang memiliki penyakit sama tapi kondisi masih memenuhi syarat dan bisa diberangkatkan," jelas dia.

Yani menjelaskan, tahapan tes kesehatan untuk jemaah calon haji sejatinya telah dilalui sebanyak tiga tahap.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved