Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Belum Dilanjutkan, Ini Penyebabnya

Pemkab Kutim berencana mengambil alih pembangunan cause way yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan.

Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Belum Dilanjutkan, Ini Penyebabnya
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
peninjauan Pelabuhan Kenyamukan oleh Wabup Kasmidi Bulang beberapa waktu 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan, Kabupaten Kutai Timur yang merupakan cikal bakal pelabuhan umum dan bagian dari jalur tol laut 8, program tol laut Presiden Joko Widodo, masih jalan di tempat.

Progres penyelesaian cause way yang menghubungkan sisi laut dengan sisi darat belum tampak.

Belakangan, Pemerintah Kabupaten Kutim berencana mengambil alih pembangunan cause way yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan.

Cause way yang hanya sepanjang 50 meter X 6 meter itu, rencananya akan diselesaikan menggunakan dana APBD Kutim atau dana CSR.

Namun, lagi-lagi rencana tersebut tak bisa berjalan mulus, karena harus ada pelimpahan aset dari pemerintah pusat lebih dulu.

“Pemkab Kutim tak hanya melayangkan surat, Bupati Ismunandar  sendiri juga sudah ikut bergrilya ke pemerintah pusat agar, cause way segera diselesaikan pembangunannya.

Bahkan, kalau memang pemerintah pusat tidak bisa menganggarkan, Pemerintah Kutim bersedia untuk menganggarkan.

Baik menggunakan APBD Kutim maupun dan CSR perusahaan,” ungkap Kasmidi saat diwawancarai media usai memimpin coffee morning, Senin (15/7).

Namun upaya itu pun sepertinya menemui jalan buntu. Hingga kini belum ada kejelasan soal penyelesaian cause way. Pelabuhan Kenyamukan pun tak bisa difungsikan sama sekali.

“Sejak mulai memimpin Kutim, penyelesaian Pelabuhan Kenyamukan jadi prioritas Pak Bupati dan saya.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved