Susi Pudjiastuti Pimpin Satgas 115 Amankan MV Nika yang Berbendera Panama dan Jadi Buruan Interpol

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang memimpin Satgas 115 menangkap kapal pelaku illegal fishing yang berbendera Panama, MV Nika

Susi Pudjiastuti Pimpin Satgas 115 Amankan MV Nika yang Berbendera Panama dan Jadi Buruan Interpol
Satgas 115
MV NIKA merupakan buruan INTERPOL sejak bulan Juni 2019. INTERPOL menduga MV NIKA dan FV STS-50 yang ditangkap di Indonesia pada tahun 2018 dimiliki oleh pemilik yang sama. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang memimpin Satgas 115 berhasil menangkap kapal pelaku illegal fishing yang berbendera Panama, MV Nika.

Satgas 115 pimpinan Susi Pudjiastuti berhasil menangkap kapal MV Nika tersebut pada 12 Juli 2019.

Kapal MV Nika telah melakukan serangkaian pelanggaran dan menjadi buruan Interpol sejak Juni 2019. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Kompas.com, meminta semua pihak untuk melakukan tindakan konkrit epada para pelaku illegal fishing.

"Menghukum pelaku illegal fishing yang telah menggunakan bendera negara bendera sebagai wadah untuk melakukan kegiatan-kegiatan perikanan yang ilegal," ujarnya, Kamis (18/72019).

Berdasarkan laporan awal dari Interpol yang diterima oleh Satgas 115, MV NIKA diduga melakukan pelanggaran dengan memalsukan sertifikat di Panama.

MV NIKA menyatakan dirinya adalah General Cargo Vessel namun ternyata kapal tersebut diduga melakukan penangkatan dan/atau pengangkutan ikan.

MV NIKA juga diduga melakukan penangkapan ikan tanpa izin dan transhipment di zona 48.3 B, yaitu di dalam wilayah The South Georgia and the South Sandwich Islands dan The Falklands Island (Islas Malvinas).

Selain itu MV NIKA juga menggunakan data AIS milik kapal lain yang bernama Jewel of Nippon untuk mengaburkan identitas asli untuk memasuki suatu wilayah untuk menangkap ikan.

Saat ditangkap oleh Satgas 115 di ZEE Selat Malaka, MV NIKA kedapatan memiliki umpan berupa ikan di dalam palka kapal dan unit pengolahan ikan di bagian atas kapal.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved