Ratusan Anak TKI di Malaysia Dapat Beasiswa, Prajurit TNI di Perbatasan Jemput Kembali ke Tanah Air

Lanjut dirinya menjelaskan, pemulangan anak-anak TKI tersebut akan dilaksanakan dua gelombang, yakni pada 31 Juli dan 1 Agustus 2019.

Ratusan Anak TKI di Malaysia Dapat Beasiswa, Prajurit TNI di Perbatasan Jemput Kembali ke Tanah Air
HO/Penerangan Korem 091/ASN
PERBATASAN NEGARA - Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang (MDG) turut andil menjemput anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (31/7/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO - Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang (MDG) turut andil menjemput anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (31/7/2019).

Pasi Intel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/MDG, Lettu Inf Vira Yudha menuturkan, terdapat 579 anak yang dijemput oleh Prajurit TNI.

Anak-anak tersebut kembali ke tanah air untuk mengenyam pendidikan.

Bahkan, terdapat anak yang mendapatkan beasiswa guna dapat melanjutkan sekolah di Kaltara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini terlaksana karena adanya komunikasi yang terjalin baik antara Satgas dengan pemerintah daerah setempat dan aparat terkait lainnya yang membantu proses penjemputan ini," ucapnya melalui siaran pers Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Rabu (31/7/2019).

Lanjut dirinya menjelaskan, pemulangan anak-anak TKI tersebut akan dilaksanakan dua gelombang, yakni pada 31 Juli dan 1 Agustus 2019.

Sebelum sampai di Nunukan, anak-anak tersebut dapat kembali pulang setelah koordinasi antara Konsultan Indonesia untuk Malaysia dan Imigrasi di Sabah.

“Sebelumnya, mereka diberikan pembekalan dan penekanan agar memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, karena beasiswa yang diterima ini bukanlah hal yang mudah didapatkan dan bisa dikatakan kesempatan langka," jelasnya.

Ratusan Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Kembali ke Tanah Air, Begini Pesan Pangdam VI Mulawarman

Hadiri Serah Terima Satgas Pamtas RI-Malaysia, Bupati: Terima Kasih TNI Telah Jaga Perbatasan

"Kegiatan ini juga didukung oleh salah satu perusahaan sawit di Sabah untuk memulangkan anak-anak TKI yang memang lahir di Sabah," sambungnya.

Selain itu, terdapat 398 anak TKI lainnya dari Tawau yang mendapatkan beasiswa sekolah di pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera akan dipulangkan melalui kota Kinabalu, yang nantinya dilepas oleh Konjen Kinabalu, Khrisna Djaelani. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved