Indikator Makro Ekonomi dan Pembangunan Kalimantan Utara 2020, Begini Bentuk Proyeksi Fiskal

Kalimantan Utara selalu mengalami pertumbuhan ekonomi yang impresif, rata-rata di atas 6 persen per tahun.

Indikator Makro Ekonomi dan Pembangunan Kalimantan Utara 2020, Begini Bentuk Proyeksi Fiskal
TribunKaltim.Co/Cahyo W Putro
ILUSTRASI - Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, saat menghadiri acara Seminar Nasional, soal kesiapan Kalimantan Timur, tentang pemindahan ibu kota Indonesia, di Lamin Etam, Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Samarinda pada Sabtu (27/7/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Memantapkan Kalimantan Utara sebagai Wilayah perbatasan yang Berdaya Saing' merupakan tema pembangunan Kalimantan Utara atau Kaltara tahun 2020 nanti.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menjelaskan, untuk mencapai target tersebut, Pemprov Kalimantan Utara telah menentukan target indikator makro ekonominya.

Pertumbuhan ekonomi misalnya, dipasang target sebesar 7,00 persen. Target tersebut jauh di atas target ekonomi nasional yakni di range 5,3-5,5 persen.

"Target 7,00 persen tersebut kita patok tentu dengan melihat peluang investasi tahun depan. Kenaikan lifting migas juga akan memberi peluang pertumbuhan ekonomi yang positif," kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Kamis (1/8/2019).

Dalam beberapa tahun terakhir, Kalimantan Utara selalu mengalami pertumbuhan ekonomi yang impresif, rata-rata di atas 6 persen per tahun.

"Kita bahkan beberapa kali sebagai provinsi di Kalimantan dengan pertumbuhan ekonomi paling berdasarkan catatan Bank Indonesia maupun Badan Pusat Statistik," ujarnya.

Adapun inflasi, ditargetkan sebesar 3,00 persen.

Target tersebut masih di tengah-tengah target nasionalnya sebesar 2,0-4,0 persen.

Pemprov juga memberi target pembangunan diantaranya menekan tingkat pengangguran terbuka hingga menjadi 4,60 persen, angka kemiskinan 5,84 persen, gini ratio 0,299 persen, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 71,28 persen.

Adapun arah kebijakan provinsi, disesuaikan dengan prioritas pembangunan nasional.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved