Idul Adha 2019

Sapi Limosin Hewan Qurban Idul Adha 2019 Laku Terjual Rp 80 Juta, Pembelinya Orang Balikpapan

Abdul Muis menyebutkan, selain rumput, makanan sampingnya ampas tahu, hal ini diberikan agar perutnya tidak kedinginan, dan jadi hangat.

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Budi Susilo
Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman
Sapi limosin dagangan hewan Qurban Idul Adha 2019 di kawasan Jl Straat III Kampung Timur Balikpapan, Kalimantan Timur pada Minggu (4/8/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jika melintas di Kawasan Kampung Timur, Jalan Indrakila, Keluruahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara banyak dijumpai pedagang sapi kurban. Sudah menjadi kebiasan warga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tapi tepat berada di sebrang Kantor Tribun Kaltim pedagang sapi Limusin menjadi pusat perhatian warga. Sapi dengan bobon 1 ton lebih ini dibandrol Rp 80 juta.

Walau dengan harga segitu, ternyata sapi Limusin asal Gorontalo ini sudah laku terjual. Pembelinya merupakan warga Martadina, Kecamatan Balikpapan Tengah.

Abdul Muis peternak tak membeberkan siapa sesungguhnya orang yang membeli sapi ini. Dirinya hanya menyebutkan atas nama Caca warga Martadinata.

Sapi Limusin ini sudah setahun dirawatnya penuh dengan kasih sayang. "Saya pelihara di Balikpapan. Saya beli pada saat Lebaran Idul Adha tahun lalu, setelah itu saya pelihara di sini, kandangnya ada di Belakang Apotek Kimia Farma Balikpapan," katanya.

Usianya sekitar 4 tahun, jenis kelamin jantan, karena rata-rata untuk Kurban harus kelamin jantan. Perawatannya selain pagi dan siang makan, pada saat malam hari pukul 24:00 Wita Abdul Muis memberikan makan lagi.

"Ngalah-ngalahin istri perawatannya," katanya sambil bercanda.

Abdul Muis menyebutkan, selain rumput, makanan sampingnya ampas tahu, hal ini diberikan agar perutnya tidak kedinginan, dan jadi hangat.

"Saya pasarkan harganya Rp 90 juta. Tapi sudah ada yang beli dengan deal harga Rp 80 juta. Sudah laku, yang beli warga Martadinata, Kecamatan Balikpapan Tengah, itu pun melihat baliho saya langsung nelpon," ungkpanya.

Di Balikpapan hanya ada satu ekor saja sapi jenis Limusin terberat dengan bobot badan keseluruhan 1 ton lebih. Untuk berat dagingnya sekitar 400 Kg lebih.

"Ini sapi bukan sapi kandang, beda dengan sapi biasanya, kalau sapi kandang gemuk tapi ringan dagingnya. Kalau ini sapi limusin ini fisiknya kuat," katanya.

Perawatan khusus setiap tiga bulan sekali sapi ini berikan makanan tambahan yakni telur ayam dan telur bebek.

"Selain itu sapi ini jinak jika sama saya, sapi ini senang dielus-elus. Kadang dikasih minum jamu supaya kuat," ungkpanya.

Disamping sapi limusin, Abdul Muis juga menjual sapi kadang, ada sekitar 15 ekor sapi stok yang tersedia dengan harga Rp 30 jutaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved