Idul Adha 2019

Sambut Idul Adha 1440 Hijriyyah, Ini Pesan MUI Kaltim 

Bulan Dzulhijjah telah menghampiri kita. Bulan mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya.

Sambut Idul Adha 1440 Hijriyyah, Ini Pesan MUI Kaltim 
TribunKaltim.Co/Muhammad Fchri Ramadhani
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kaltim Drs. KH. Hamri Haz 

TRIBUNKALTIM.CO SAMARINDA - Bulan Dzulhijjah telah menghampiri kita. Bulan mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya.

Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kaltim menjelaskan dan mengajak mengerjakan amalan-amalan utama yang bisa diamalkan di awal-awal Dzulhijjah.

Ketua MUI Kaltim KH Hamri Has membacakan sabda dari Rasulullah SAW, yang artinya; “Tidak ada hari di mana amal shalih pada hari itu lebih dicintai Allah ‘Azza wa Jalla daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijah.” ucapnya kepada Tribunkaltim.co.

Ia menerangkan, pada bulan Ramadhan, ada 10 hari terakhir yang mulia. Sebab, di dalamnya umat muslim menanti Lailatul Qadar.

"Adapun pada bulan Dzulhijah, ada 10 hari pertama yang utama. Pada masa itu, amal saleh yang dikerjakan menjadi sangat dicintai Allah, bahkan melebihi jihad fii sabilillah," terangnya.

Di antara 10 hari ini, yang paling utama disampaikannya, adalah hari Haji Akbar, yaitu 10 Dzulhijjah. Itu disebut pula Hari Nahar.

“Sesungguhnya hari yang paling agung di sisi Allah Subhaanahu wa Ta'ala adalah Hari Nahar, lalu Hari Tasyrik (setelah Hari Nahar). Itu menurut HR Abu Dawud, disahihkan oleh Hakim," sebutnya.

Di antara amal saleh yang disyariatkan pada 10 hari pertama Dzulhijjah, dituturkannya ialah sebagai berikut.

"Pertama, melaksanakan ibadah haji dan umrah. Dan haji mabrur, tidak ada balasan untuknya selain surga. Sesuai riwayat HR Muslim,".

"Kedua, memperbanyak shalat sunah. Hendaknya kamu memperbanyak sujud lillah, karena tidaklah kamu bersujud kepada Allah sekali saja, kecuali Allah akan mengangkat derajatmu karenanya dan menggugurkan dosamu karenanya. Riwayat HR Muslim,".

Halaman
12
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved