Rutan Samarinda Ajukan 289 Napi Terima Remisi Hari Kemerdekaan RI

Setiap tahunnya, di Hari Kemerdekaan, warga binaan yang telah memenuhi syarat bisa mendapatkan remisi umum, berupa potongan masa pidana.

Rutan Samarinda Ajukan 289 Napi Terima Remisi Hari Kemerdekaan RI
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Kondisi Rutan Klas II A Sempaja, Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia disambut dengan suka cita oleh seluruh masyarakat Indonesia di dalam maupun luar negeri.

Tidak hanya masyarakat umum saja, namun juga warga binaan yang saat ini sedang menjalani masa pidana di Rutan maupun di Lapas.

Setiap tahunnya, di Hari Kemerdekaan, warga binaan yang telah memenuhi syarat bisa mendapatkan remisi umum, berupa potongan masa pidana.

Tahun ini, Rutan Klas II A Sempaja, Samarinda mengajukan 289 warga binaan ke Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Kaltim untuk memperoleh remisi, dari 1.485 total warga binaan yang ada.

Kasubsi Pelayanan, Rutan Klas II A Sempaja, Samarinda Rahmat Hidayat menerangkan, jumlah warga binaan yang diajukan memperoleh remisi jumlahnya relatif kurang lebih sama dengan tahun lalu (2018), berjumlah sekitar 290 orang.

Kendati telah mengajukan nama-nama warga binaan yang bakal memperoleh remisi, namun pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah yang akan disetujui.

Diperkirakan H-2 sebelum pengumuman pada 17 Agustus 2019, daftar warga binaan yang disetujui remisinya telah keluar.

"Biasanya H-2 sudah keluar daftar warga binaan yang dapat remisi," ucapnya Kepada Tribunkaltim.co, Senin (12/8/2019).

Sementara itu, syarat warga binaan memperoleh remisi yakni berkelakukan baik selama berada di tahanan, serta tidak sedang menjalani hukuman disiplin kurang lebih enam bulan terhitung sebelum tanggal pemberian remisi.

Selain itu, syarat lainnya yakni mengikuti kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh Rutan maupun Lapas dengan baik, dan telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved