Sudah Sepekan Wilayah Kabupaten Berau Diselimuti Kabut Asap, Titik Terparah di Teluk Bayur

“Kabut asap ini sudah terjadi sejak minggu lalu. Jarak pandang menurun karena kabut asap,” kata Tekad Sumardi kepada Tribunkaltim.co.

Sudah Sepekan Wilayah Kabupaten Berau Diselimuti Kabut Asap, Titik Terparah di Teluk Bayur
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
Sudah sepekan ini, wilayah Berau diselimuti kabut asap. Meski belum menyebabkan gangguan pada layanan transportasi udara, namun kabut asap ini berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Sebagian besar wilayah Kabupaten Berau mulai diselimuti kabut asap dalam beberapa hari terakhir.

Kondisi ini bisa dilihat secara kasat mata.

Langit yang biasanya tampak biru, berubah menjadi abu-abu.

Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Berau, Tekad Sumardi, membenarkan, wilayah Berau hingga hari Senin (12/8/2019) ini diselimuti oleh kabut asap.

“Kabut asap ini sudah terjadi sejak minggu lalu. Jarak pandang menurun karena kabut asap,” kata Tekad Sumardi kepada Tribunkaltim.co.

Sumardi mengungkapkan, saat ini jarak pandang sekitar 5 sampai 7 kilometer.

“Tapi jarak pandang ini belum menganggu aktivitas penerbangan. Dengan catatan, ketebalan kabut asap ini tidak meningkat,” jelasnya.

Meski demikian, Tekad Sumardi, mengatakan kabut asap ini dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat, terutama yang beraktivitas di luar rumah.

“Memang tidak berpengaruh terhadap aktivitas penerbangan. Tapi sangat berpengaruh terhadap isu nasional, termasuk dampak kesehatan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sumardi juga mengungkapkan, kabut asap terparah terjadi di Kecamatan Teluk Bayur yakni di Kampung Labanan dan di Kecamatan Kelay.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved