Dinilai Belum Optimal, PMI PPU Konsolidasi Kepengurusan Hingga ke Kecamatan, Segera Rekrut Relawan

Ketua PMI PPU Hamdam membeberkan, sejak diresmikan awal 2017, kinerja PMI PPU belum optimal karena kekurangan SDM dan sarana yang memadai

Dinilai Belum Optimal, PMI PPU Konsolidasi Kepengurusan Hingga ke Kecamatan, Segera Rekrut Relawan
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Ketua PMI PPU yang juga Wakil Bupati PPU, Hamdam 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Fungsi utama Palang Merah Indonesia (PMI) adalah membantu pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat di bidang sosial kemanusiaan, utamanya tugas kepalangmerahan meliputi kesiapsiagaan bantuan penanggulangan bencana, pertolongan pertama, serta pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

PMI di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sedang mengkonsolidasikan kepengurusan guna pengoptimalan kelembagaan dalam rangka tugas misi kemanusiaan.

Ketua PMI PPU Hamdam, menjelaskan konsolidasi kepengurusan berjalan dilakukan dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Kecamatan. Secara simultan, juga merekrut relawan-relawan.

Ketua PMI PPU Hamdam membeberkan, sejak diresmikan awal 2017, kinerja PMI PPU belum optimal karena kekurangan sumber daya manusia (SDM) dan sarana yang memadai.

Faktornya karena support anggaran, tahun 2018 lalu, tidak ada pengalokasian anggaran untuk menunjang kegiatan PMI.

"Mudah-mudahan, karena di APBD Perubahan 2019 ini sudah ada support anggaran, rencana kita kedepan untuk melatih teman-teman relawan, khususnya yang akan kita terjunkan saat terjadi bencana," kata Wakil Bupati PPU ini, Rabu (14/8/2019).

Relawan yang diterjunkan untuk melakukan misi kemanusiaan saat terjadi bencana harus memiliki skill serta kemampuan.

Ketua PMI PPU Hamdam menjelaskan, keduanya sudah menjadi persyaratan yang cukup ketat dibuktikan legalitas berupa sertifikat.

"Kami ingin melatih para relawan dan mereka memiliki lisensi," imbuh Ketua PMI PPU Hamdam.

Pelatihan bagi relawan direncanakan Oktober 2019, sesuai dengan hasil komunikasi yang ia jalin bersama PMI Provinsi Kalimantan Timur, dengan harapan banyak relawan yang ikut serta menyesuaikan dengan kemampuan keuangan PMI PPU.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved