Usai Upacara HUT Kemerdekaan, Mahasiswa IAIN Demo Rektorat

Mahasiswa menilai adanya regulasi yang salah soal penyewaan gedung auditorium yang mampu menampung 2 ribu orang kepada khalayak umum.

Usai Upacara HUT Kemerdekaan, Mahasiswa IAIN Demo Rektorat
HO/ Ketua BEM IAIN Zainal Mustofa.
Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, demonstrasi menolak privatisasi fasilitas kampus, auditorium di rektorat, Sabtu (17/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ada yang berbeda pada perayaan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.

Usai gelaran upacara Proklamasi Kemerdekaan, puluhan mahasiswa berorasi dan membentang spanduk aksi di Rektorat kampus Jalan H.A.M Rifaddin, Samarinda.

Massa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus, menolak kebijakan privatisasi fasilitas kampus berupa Auditorium.

Mahasiswa menilai adanya regulasi yang salah soal penyewaan gedung auditorium yang mampu menampung 2 ribu orang kepada khalayak umum.

Mereka khawatir ketiadaan standar operasional prosedur (SOP) yang jelas, berpotensi menggeser peruntukan gedung ke pihak luar di luar civitas akademika.

Padahal, disampaikan Ketua BEM IAIN Zainal Mustofa, pembangunan gedung itu dana sumber dana keuangan negara (SBSN).

Artinya peruntukan kepentingan proses civitas akademika adalah yang prioritas.

"Faktanya IAIN Samarinda tidak memprioritaskan kegiatan kampus yaitu, PBAK (pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan) yang di mana kegiatan tersebut merupakan agenda nasional," ujarnya dikonfirmasi, Sabtu (17/8/2019).

Mahasiswa juga menolak adanya penggunaan gedung oleh salah satu perusahaan tambang batu bara yang menyelipkan acara dangdutan hari ini.

Apalagi, di saat bersamaan, mereka membutuhkan lokasi luas menampung seribuan mahasiswa untuk pertemuan persiapan sebelum pelaksanaan PBAK 19 Agustus nanti.

Halaman
12
Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved