Ibu Kota Baru

Penajam Masuk Calon Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, Begini Peluang & Kondisi Sumber Airnya

Bukit Soeharto yang ada di Kalimantan Timur masuk kandidat calon kuat Ibu Kota Baru RI tetapi faktanya belakangan hari ini berubah. Ada Penajam masuk.

Penajam Masuk Calon Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, Begini Peluang & Kondisi Sumber Airnya
Kolase Tribunkaltim.co
Maket salah satu desain Ibu Kota Baru RI versi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang akan diterapkan di Pulau Kalimantan nanti. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Belakangan ini, rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan masih misterius, Rabu (21/8/2019).

Teka-teki jawaban lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia belum ada yang tahu, jawaban dari Presiden Joko Widodo soal lokasi spesifik Ibu Kota Baru masih rahasia.

Pernyataan Presiden Joko Widodo kali ini sudah mengerucut kepada dua provinsi saja yang jadi lokasi Ibu Kota Baru. Yakni Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, sementara Kalimantan Selatan tidak masuk hanya menjadi kota metropolitan saja.

Mengenai Kalimantan Timur pun pihak Bappenas melalui Menterinya, sebutkan Bukit Soeharto yang ada di Kalimantan Timur masuk kandidat calon kuat Ibu Kota Baru RI tetapi faktanya belakangan hari ini berubah. Ada yang tebak, Penajam yang berpotensi jadi Ibu Kota Baru, bagaimana potensi dan sumber air di Penajam ini.

Secara resmi Bappenas menyatakan, Bukit Soeharto bukan lagi masuk jadi kandidat Ibu Kota Baru lantaran lokasinya sangat tidak pas menjadi Ibu Kota Baru, berstatus hutan lindung.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, menyatakan, pihaknya tidak mau jadikan Bukit Soeharto sebagai hutan lestari jadi tumbal pembangunan pemindahan ibu kota RI.

"Dalam membangun pusat pemerintahan baru, kita (pemerintah) tidak akan mengurangi hutan lindung yang kita miliki, bagaimana pun Kalimantan itu paru-paru dunia," ungkapnya, Selasa (20/8/2019) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dirinya menegaskan, hutan lindung Bukit Soeharto wajib dilindungi tak boleh diusik, apalagi sampai merusak memangkas bersih vegetasi hijau. Kelestarian Bukit Soeharto mesti tetap dijaga, bila perlu dilakukan revitalisasi.

"Tetap kita jaga, bahkan Bukit Soeharto kita kembalikan lagi, revitalisasi kondisi alamnya," ujar Bambang.

Karena Bukit Soeharto bukan lagi masuk radar lokasi calon Ibu Kota baru, maka kandidat daerah lainnya di Kalimantan Timur ialah Penajam Paser Utara.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved