Ibu Kota Baru

Dampak Ekonomi Kaltim Jadi IKN, Ketua Kadin : Pertumbuhan Ekonomi Balikpapan Bisa Capai 2 Digit

Bakal ada lompatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Kota Balikpapan.

Dampak Ekonomi Kaltim  Jadi IKN, Ketua Kadin : Pertumbuhan Ekonomi Balikpapan Bisa Capai 2 Digit
TribunKaltim.CO/Muhammad Fachri Ramadhani
Ketua Kamar Dagang dan Industri( KADIN) Balikpapan, Yaser Arafat, Kamis (22/8/2019) usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bakal ada lompatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Balikpapan.

Hal ini disampaikan  Ketua Kamar Dagang dan Industri( KADIN) Balikpapan, Yaser Arafat saat dimintai tanggapan resminya Kaltim menjadi lokasi pemindahan  Ibu Kota Negara dari Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Dari data yang dihimpun Tribunkaltim.co pertumbuhan ekonomi Balikpapan 4,97 persen pada tahun 2018, menurut Yaser ekonomi bakal merangkak drastis bahkan hingga 2 digit, apalagi kalau bukan pengaruh pemindahan IKN di Kalimantan Timur.

Mengingat Balikpapan merupakan pintu gerbang, sekaligus penyangga pertumbuhan ekonomi Kaltim.

"Idealnya dengan ketetapan itu, ekonomi Balikpapan mengalami signifikan improvement economic. Ekonomi tumbuh signifikan di atas daripada yang dipatok," katanya saat ditemui usai menghadiri sidang paripurna DPRD Balikpapan, Kamis (22/8/2019).

Perizinan akan semakin banyak begitu juga dengan kebutuhan akan lahan. Otomatis tenaga kerja baru banyak diperlukan. Tak ketinggalan UMKM dipastikan bertumbuh.

Apalagi ditambah di Balikpapan ada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), proyek Jembatan Tol Teluk  Balikpapan yang dianggarkan hingga Rp15 triliun.

"Habis itu akan dibangun di Penajam itu, yang Lawe-lawe buat refinery, minyak mentah akan ditampung 2 juta barel di sana. Jadi, apa lagi tambah ibu kota, Balikpapan akan sangat luar biasa ekonominya," selorohnya.

Rumus ekonomi bahwa semakin banyak populasi atau jumlah penduduk, semakin cepat ekonomi tumbuh, juga disampaikan salah satu sosok muda populer di Balikpapan ini. "Artinya bisa naik 2 digit, itu opini saja," ucapnya.

Saat Presiden Joko Widodo ketuk palu menetapkan lokasi pemindahan IKN ke Kaltim, maka yang paling nyata di depan mata, bakal terjadi proyek pengadaan lahan besar-besaran.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved