Kebijakan Diskon Harga Rokok Disorot, Dianggap Merusak Mental Masa Depan Bangsa

Ketentuan diskon rokok tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea Cukai Nomor 37/2017 tentang Tata Cara Penetapan Tarif Cukai Hasil Tembakau

Kebijakan Diskon Harga Rokok Disorot, Dianggap Merusak Mental Masa Depan Bangsa
ISTIMEWA
Peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Abdillah Ahsan; Pengurus Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, Muhammad Joni; Pegiat Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) yang juga Koordinator Solidaritas Advokasi Publik untuk Pengendalian Tembakau Indonesia (SAPTA) Tubagus Haryo Karbyanto dalam diskusi dengan tema "Ironi Diskon Rokok Di Tengah Visi Jokowi Membangun Manusia Indonesia", Selasa (20/8/2019) di Jakarta. Para pegiat anti tembakau ini mendesak Kementerian Keuangan untuk mencabut aturan diskon rokok yang akan menghambat visi Presiden dalam membangun manusia Indonesia yang unggul. 

TRIBUNKALTIM.CO - Ketua Indonesia Lawyer Association on Tobacco Control (ILATC) Muhammad Joni menilai pemerintah terkesan hanya memikirkan soal penerimaan negara yang sebesar-besarnya dari industri hasil tembakau tanpa memikirkan kelangsungan masa depan penerus bangsa. 

Hal itu diungkapkan Joni pada diskusi media yang mengangkat tema "Ironi Diskon Rokok di Tengah Visi Jokowi Membangun Manusia Indonesia".

"Kebijakan diskon rokok ini menjadi bagian sistematis untuk merusak mental masa depan generasi selanjutnya. Harus diambil langkah-langkah hukum untuk merevisi kebijakan diskon rokok yang pada dasarnya justru mendorong lebih banyak orang yang merokok. Jadi revisi aturannya dan tegakkan larangan promosi rokok," kata Joni (20/8/2019) di Jakarta.

Joni menengarai adanya benturan kebijakan yang menandakan pemerintah belum bersungguh-sungguh dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Untuk itu, perlu ada revisi kebijakan mengenai diskon rokok karena bertentangan PP No. 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

Baca juga:

Tipu Muslihat Calon Jemaah Haji Bawa Rokok ke Tanah Suci, Begitu Ketahuan Reaksinya Macam-macam

Aksi Damai Aliansi Mahasiswa Kesehatan Samarinda, Imbau Pemerintah Lebih Tegas Tegakkan Aturan Rokok

Gubernur: Jika Merokok di Ruangan, Ditegur Tidak Mau, Suruh Keluar Saja

ILUSTRASI
ILUSTRASI (cardiffdentistry.com.au)

Ketentuan diskon rokok tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea Cukai Nomor 37/2017 tentang Tata Cara Penetapan Tarif Cukai Hasil Tembakau.

Halaman
123
Editor: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved