Ibu Kota Baru

Ibu Kota Negara Bakal Pindah, Mahasiswa Kaltim di Jakarta Ajak Rawat Optimisme 

Hal ini tidak terlepas dari rencana pemerintah pusat memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Ibu Kota Negara Bakal Pindah, Mahasiswa Kaltim di Jakarta Ajak Rawat Optimisme 
Kolase Tribunkaltim.co
Ibu Kota Negara Bakal Pindah, Mahasiswa Kaltim di Jakarta Ajak Rawat Optimisme  

TRIBUNKALTIM.CO - Beberapa pekan terakhir, kabar mengenai perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengemuka.

Hal ini tidak terlepas dari rencana pemerintah pusat memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

"Lantas, sekiranya memang benar dan akhirnya Kaltim terpilih menjadi ibu kota baru, bagaimana kita menyikapi hal tersebut? Dan letak idealnya di mana?" ucap Ketua Keluarga Pelajar Mahasiswa Kaltim (KPMKT) Cab Jakarta, Sulthan melalui siaran pers KPMKT, Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, menyikapi perpindahan ibu kota negara, tentu tidak akan lepas dari pro-kontra.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, sebab sudah barang tentu akan memiliki dampak bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Terlepas dari pro dan kontra yang mengemuka, penting bagi kita semua melihat sisi positif dan merawat optimisme, ketimbang terus melihat sisi negatif yang didasarkan pada ketakutan-ketakutan yang kita ciptakan sendiri," tegasnya.

Adapun dampak positif dari perpindahan ibu kota negara tentu akan menjadi peluang bagi segenap masyarakat Kaltim untuk mengejar ketertinggalan pembangunan di berbagai sektor.

Di sisi lain, perpindahan ibu kota juga dapat menjadi stimulus untuk melepaskan diri dari kekuatan ekonomi yang didasarkan pada eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) berbasis pertambangan, menuju industri kreatif dan lain sebagainya.

"Selain dua hal tersebut tentu masih banyak dampak positif lainnya. Tugas kita sebagai masyarakat adalah mempersiapkan diri untuk perubahan-perubahan yang akan terjadi disekitar kita bila memang pada akhirnya Kaltim terpilih menjadi ibu kota negara," ucapnya.

Berdasarkan keterangan yang diperolehnya dari berbagai sumber media, terdapat dua lokasi yang menjadi opsi wilayah ibu kota baru, yakni bukit Soeharto (Kutai Kartanegara) dan Sotek (Penajam Paser Utara).

Halaman
1234
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved