Penjual Plat Nomor Menjamur di Pinggir Jalan Samarinda, Segini Harganya, Rawan Disalahgunakan

Penjual dan pembuat plat nomor kendaraan motor dan mobil dipinggir jalan di kota Samarinda nampaknya semakin menjamur, rawan disalahgunakan

Penjual Plat Nomor Menjamur di Pinggir Jalan Samarinda, Segini Harganya, Rawan Disalahgunakan
TribunKaltim.co / Aris Joni
Penjual Plat Nomor Menjamur di Pinggir Jalan Samarinda, Segini Harganya, Rawan Disalahgunakan 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Penjual dan pembuat plat nomor kendaraan motor dan mobil dipinggir jalan di kota Samarinda nampaknya semakin menjamur.

Pasalnya, berdasarkan pantauan Tribunkaltim.co, di lapangan. Terlihat para pembuat plat KT motor dan mobil berjejer di sepanjang jalan Agus Salim dan Jalan Gatot Subroto, Samarinda, Kalimantan Timur.

//

Tak tanggung-tanggung, jaraknya pun sangat berdekatan antar pembuat satu dengan yang lainnya, diperkirakan hanya sekitar sepuluh langkah saja jaraknya dan terdapat puluhan pembuat plat nomor yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan.

Apakah penjual atau pembuat plat nomor dipinggir jalan itu legal atau diperbolehkan?

Menurut Pada Pasal 39 ayat (5) Perkapolri 5/2012 mengatakan, TNKB atau plat Nomor yang dikeluarkan selain oleh Korlantas Polri, dinyatakan tidak sah dan tidak berlaku.

Sedangkan dalam Pasal 1 angka 10 Perkapolri 5/2012, plat nomor atau TNKB adalah tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor.

Tribunkaltim.co, mencoba mengonfirmasi salah seorang pembuat plat nomor di Samarinda.

Udin, seorang pembuat plat nomor dikawasan jalan Gatot Subroto mengatakan, dirinya sudah hampir empat tahun menggeluti pekerjaannya sebagai pembuat plat nomor.

Selama dirinya berjualan tidak pernah mengalami razia atau penindakan dari kepolisian.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved