Ibu Kota Baru

Tol Balsam di Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur Bisa Dipakai Libur Natal 2019, Begini Progresnya

Tol Balsam juga dirancang sebagai penghubung ibu kota baru RI di Provinsi Kalimantan Timur seperti menembus ke Samarinda, dengan sejumlah kota bisnis.

Tol Balsam di Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur Bisa Dipakai Libur Natal 2019, Begini Progresnya
Kolase Tribunkaltim.co
Dr Rustam Fahmy S Hut M Hut, peneliti Taman Hutan Raya Bukit Soeharto dan gambar jalan tol Balikpapan Samarinda yang berdekatan dengan kawasan Bukit Soeharto. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jalan Tol Balikpapan- Samarinda atau Tol Balsam yang berada di Kalimantan Timur dijadwalkan rampung pada Oktober 2019.

Direktur Teknik PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Edy Nugraha mengungkapkan target penyelesaian jalan tol pertama di Bumi Pulau Kalimantan ini kepada Kompas.com, Sabtu (7/9/2019) malam.

"Konstruksi fisik selesai pada Oktober 2019," kata Edy.

Dengan demikian, jalan berbayar ini Tol Balsam dapat beroperasi dan digunakan publik pada libur Natal 2019, dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Nah, Tol Balsam dirancang sepanjang 99,35 kilometer dengan perkiraan investasi senilai Rp 9,97 triliun.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Tol Balsam dibangun dengan skema investasi dan viability gap fund (VGF).

Untuk skema investasi yang dikerjakan PT JBS mencakup Seksi I Km 13, Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV (Samboja-Jembatan Mahkota II).

TAHURA BUKIT SOEHARTO - Jalan Tol Balikpapan Samarinda membelah Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Selasa (7/5). Sisi Timur (kiri) dan Sisi Barat (kanan) Jalan Tol Balikpapan Samarinda merupakan lokasi yang ditawarkan Pemprov Kaltim untuk menjadi lokasi Ibukota Negara yang baru (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)
TAHURA BUKIT SOEHARTO - Jalan Tol Balikpapan Samarinda membelah Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Selasa (7/5). Sisi Timur (kiri) dan Sisi Barat (kanan) Jalan Tol Balikpapan Samarinda merupakan lokasi yang ditawarkan Pemprov Kaltim untuk menjadi lokasi Ibukota Negara yang baru (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) (Tribunkaltim.co / Fachmi Rahman)

Sementara skema VGF yang dikerjakan pemerintah meliputi Seksi 1 (KM13-Samboja) dan Segmen 5 (KM 13-Bandara Sepinggan)

Saat ini, perkembangan konstruksi yang merupakan porsi PT JBS telah mencapai 97,57 persen.

"Masih ada deviasi sekitar 1,16 persen dari rencana 98,73 persen," kata Edy. Jalan bebas hambatan ini bakal dilengkapi dengan empat gerbang tol.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved