Berita Kukar Terkini

Ribuan Warga Makan Bareng Sultan Adji Muhammad Arifin di Depan Keraton Kesultanan Kutai

Warga menikmati semua hidangan sampai ludes dalam waktu hanya 10 menit seiring pemukulan gong oleh Sultan Adji Muhammad Arifin.

Ribuan Warga Makan Bareng Sultan Adji Muhammad Arifin di Depan Keraton Kesultanan Kutai
TribunKaltim.Co/Rahmad Taufik
Warga makan bareng dalam rangkaian Upacara Adat Erau yang digelar di depan Keraton Kesultanan Kutai, Jalan Diponegoro Tenggarong, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (11/9/2019) mulai pukul 08.00 Wita. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Ribuan warga Kutai Kartanegara, khususnya masyarakat Tenggarong, ikut acara beseprah atau makan bersama Sultan Kutai Adji Muhammad Arifin.

Acara beseprah menjadi rangkaian kegiatan perhelatan Upacara Adat Erau yang digelar di depan Keraton Kesultanan Kutai, Jalan Diponegoro Tenggarong, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (11/9) mulai pukul 08.00 Wita.

Masyarakat duduk lesehan beralaskan karpet dan terpal sepanjang jalan mulai depan Pasar Seni hingga Planetarium.

Berbagai hidangan tradisional, khususnya makanan khas Kutai tersaji, seperti bongko, sarabai, putu ayu, singkong goreng, kue cincin, tumbi, bingka, nasi kuning dan nasi uduk.

Warga menikmati semua hidangan sampai ludes dalam waktu hanya 10 menit seiring pemukulan gong oleh Sultan Adji Muhammad Arifin didampingi Bupati Kukar Edi Damansyah.

"Acara beseprah merupakan komitmen pemerintah dalam melestarikan tradisi. Beseprah menjadi simbol kedekatan Sultan dan rakyatnya," ujar Edi.

Lewat beseprah, lanjutnya, antara kesultanan, pemerintah dan masyarakat saling berbagi dan menjalin keakraban. Dahulu Sultan sering beseprah ke tiap kecamatan yang dikunjunginya.

"Beseprah kali ini juga sekalian syukuran karena wilayah Kukar ditetapkan sebagai lokasi IKN (ibu kota negara)," tuturnya. Acara beseprah kali ini melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar, perbankan dan kelompok masyarakat.

Acara makan bareng ini dimulai setelah Sultan Adji Muhammad Arifin membacakan maklumat. Semua warga mulai menyantap hidangan di depan mereka. Beberapa petugas kebersihan juga ikut bergabung dalam acara beseprah.

Acara dihibur orkes musik gambus dari Kecamatan Muara Kaman. Bahkan Bupati ikut bernyanyi lagu tradisional di panggung. Beberapa pejabat turut hadir.

Halaman
1234
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved