Berita Berau Terkini

Di Ambang Defisit Listrik, Ini Antisipasi yang Dilakukan PT PLN Berau Kalimantan Timur

Dalam satu tahun saja, penambaha beban naik 4 megawatt. Dari 22 megawatt menjadi 26 megawatt. Karena banyaknya pemasangan baru

Di Ambang Defisit Listrik, Ini Antisipasi yang Dilakukan PT PLN Berau Kalimantan Timur
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
PT PLN saat ini tengah menyiapkan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit I berkapasitas 7 megawatt, sehingga total produksi listrik dari PLTU Teluk Bayur mencapai 14 megawatt. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pemadaman listrik selama satu pekan ini mengungkap persoalan lain yang dihadapi oleh PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Nah, pemadaman listrik ini dilakukan karena PLN tidak memiliki pembangkit listrik cadangan untuk tetap melayani pelanggannya ketika salah satu mesin pembangkit mengalami kerusakan maupun dalam masa perawatan.

Saat ini, PT PLN hanya memiliki daya listrik sebesar 27 megawatt. Sementara beban puncak pemakaian listrik mencapai 26 megawatt.

Video Pilihan:

Padahal, satu tahun lalu di 2018, beban puncak hanya 22 megawatt.

Menurut Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), PT PLN, Hendra, beban puncak pemakaian daya listrik setiap tahun mengalami lonjakan.

Penyebabnya pertumbuhan penduduk dan infrastruktur publik, maupun pemenuhan listrik untuk kalangan rumah tangga.

Dalam satu tahun saja, penambaha beban naik 4 megawatt. Dari 22 megawatt menjadi 26 megawatt. Karena banyaknya pemasangan baru dan pelanggan yang melakukan penambahan daya.

Dengan kemampuan produksi listrik hanya 27 megawatt, sementara beban puncak 26 megawatt, itu artinya Kabupaten Berau sudah memasuki ambang defisit sumber daya listik.

Untuk mengantisipasi hal ini, PT PLN kata Hendra, saat ini tengah menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Bayur unit I. PLTu Teluk Bayur memiliki dua unit mesin pembangkit, masing-masing berkapasitas 7 megawatt, namun baru satu yang beroperasi.

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved