Darurat Kabut Asap

Kabut Asap Masih Pekat, BMKG Berau Belum Cabut Peringatan Cuaca Ekstrem

Dalam dua hari terakhir, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga hari Senin (16/9/2019) ini, layanan penerbangan dari dan menuju Bandara Kalimarau

Kabut Asap Masih Pekat, BMKG Berau Belum Cabut Peringatan Cuaca Ekstrem
TRIBUN KALTIM/ GEAFRY NECOLSEN
Sejak pekan lalu, sejumlah jadwal penerbangan mengalami penundaan hingga pembatalan. Bahkan layanan penerbangan dari dan menuju Bandara Kalimarau juga terpaksa ditutup karena kabut asap. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Dalam dua hari terakhir, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga hari Senin (16/9/2019) ini, layanan penerbangan dari dan menuju Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur dihentikan sementara.

Menyusul kabut asap yang semakin tebal dan menyebabkan jarak pandang yang sangat minim, yakni 500 meter.

Sejak Jumat (13/9/2019) lalu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem.

Surat peringatan itu, hingga hari Senin (16/9/2019) belum dicabut.

Bahkan hari Sabtu (14/9/2019) kemarin BMKG kembali mengeluarkan peringatan dini dengan perihal yang sama.

Video Pilihan:

"Peringatan dini ini berlaku empat hari, atau berlaku sampai 17 September 2019 atau sampai ada perubahan kondisi cuaca," kata Kepala BMKG Berau, Tekad Sumardi.

Dalam surat peringatan dini itu, BMKG mengimbau agar penyedia jasa trasnportasi laut, darat dan udara berhati-hati, karena kabut asap yang sangat tebal sehingga menyebabkan jarak pandang menurun.

Imbauan ini juga berlaku bagi transportasi darat. Para pengemudi diminta untuk mengurangi kecepatan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Informasi yang dihimpun Tribunkaltim.co, akhir pekan kemarin, sejumlah kendaraan dari arah Samarinda menuju Berau tertahan, akibat kebakaran hutan di jalan poros Berau-Samarinda ini.

Halaman
123
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved