Darurat Kabut Asap

Kapolda Kaltara Janji Tindak Perusahaan Pembakar Lahan yang Timbulkan Kabut Asap

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit berjanji akan menindak tegas oknum maupun koorporasi yang melakukan pembakaran lahan yang tidak terkontrol

Kapolda Kaltara Janji Tindak Perusahaan Pembakar Lahan yang Timbulkan Kabut Asap
TRIBUN KALTIM/ M ARFAN
Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit memberi keterangan pers kepada awak media di Makodim 09/03 Tanjung Selor perihal kondisi kabut asap di Kalimantan Utara, Selasa (17/9/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Indrajit berjanji akan menindak tegas oknum maupun koorporasi yang melakukan pembakaran lahan yang tidak terkontrol hingga menyebabkan kebakaran lahan yang meluas.

"Jadi jangan membuka lahan dengan cara membakar. Saya akan tindak secara hukum," ujar Kapolda kepada wartawan di Makodim 09/03 Tanjung Selor, Selasa (17/9/2019).

Kapolda mengungkapkan, Polri memiliki kewenangan deskresi untuk mengesampingkan undang-undang jika situasi kabut asap semakin parah.

"Misalnya dalam undang-undang masyarakat bisa membakar lahan 2 hektare. Tetapi Polri punya deskresi.

Kalau situasi seperti ini saya akan laksanakan deskresi kepolisian. Kalau tidak berdampak ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya, okelah saya tidak ambil tindakan," ujarnya.

Namun sambungnya, situasi saat ini berbeda. Yang mana berdasarkan pengamatan BMKG, curah hujan masih sangat rendah.

"Kalau curah hujan tinggi, silakan. Karena tidak akan berdampak seperti ini," ujarnya.

"Jadi saya minta bener jangan membakar, baik masyarakat apalagi perperusahaan. Jangan bilang kawannya si A, kawannya Kapolda. Saya tindak bener," tambahnya.

Kapolda juga mengakui jajarannya bakal melakukan penyelidikan terhadap kebakaran lahan yang terjadi Kalimantan Utara.

"Kita akan selidiki. Apakah misalnya ada perusahaan yang memerintahkan warga membakar. Mungkin perusahaan sawit mau membuka lahan lagi. Kita cari," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved