Berbekal Ember dan Dahan Pohon, Begini Cara Prajurit TNI di Perbatasan Padamkan Karhutla

Berbekal plastik dan dahan pohon yang masih basah, serta tongkat kayu, prajurit berusaha memadamkan api agar tidak menyebar luas.

Berbekal Ember dan Dahan Pohon, Begini Cara Prajurit TNI di Perbatasan Padamkan Karhutla
HO/Penrem 091/ASN
KARHUTLA - Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang (Mdg), melakukan pemadaman api di kawasan Lumbis Ogong, Nunukan, Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepulan asap tebal terlihat dari Pos Lumbis Ogong Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang (Mdg), yang jaraknya mencapai 4 Km.

Melihat kejadian tersebut prajurit TNI AD di Pos bergegas melaporkan kejadian tersebut ke Komando Taktis Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Mdg menggunakan radio.

Berbekal hanya dengan ember plastik dan dahan pohon yang masih basah, serta tongkat kayu, prajurit berusaha memadamkan api agar tidak menyebar luas.

Lokasi kejadian yang berada di perbukitan tidak menjadi kendala bagi prajurit untuk memadamkan kobaran yang diduga sengaja dibakar.

Baca juga :

Kepal Tangan di Belakang dan Tunjuk Sepatu Kotor, Gaya Emak-emak di Lokasi Karhutla Ini Jadi Sorotan

Dandim 0904/Tng Usulkan Penggunaan Dana Reboisasi untuk Pengadaan Peralatan Pemadam Karhutla

Daerah Lumbis Ogong merupakan daerah pedalaman di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) yang hanya dapat dicapai menggunakan jalur udara, dengan pesawat perintis atau helikopter, dan menggunakan jalur air yaitu menggunakan kapal kayu dengan jarak tempuh selama 8 jam apabila air sedang dalam keadaan baik, atau 2 hari apabila air sedang dalam keadaan dangkal.

KARHUTLA - Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang (Mdg), melakukan pemadaman api di kawasan Lumbis Ogong, Nunukan, Kalimantan Utara.
KARHUTLA - Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang (Mdg), melakukan pemadaman api di kawasan Lumbis Ogong, Nunukan, Kalimantan Utara. (HO/Penrem 091/ASN)

Usai kejadian karhutla tersebut, pihaknya berencana untuk mendatangi Kepala Desa dan Ketua adat setempat agar dapat meneruskan ke warganya untuk tidak membakar lahan, karena karhutla dan dampaknya saat ini sudah menjadi bencana skala nasional.

Selain itu juga sebagai wujud sadar dan peduli kesehatan, Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Mdg mengadakan kegiatan pembagikan masker ke pengguna jalan.

Halaman
1234
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved