Gibran Mendaftar Melalui DPP PDIP, Rudy: Silahkan Saja

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tak dipersolkan bila ingin maju pemilihan Walikota Solo tahun 2020.

TribunKaltim.Co/HO
Anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka mengurus pembuatan kartu tanda anggota (KTA) di Kandang Banteng kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) Solo, Senin (23/9/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,SOLO-Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tak dipersolkan bila ingin maju pemilihan Walikota Solo tahun 2020.

Bahkan ia dipersilahkan bila ingin mendaftar melalui DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk maju di Pilwali Solo. 

Seperti diketahui, DPC PDIP Kota Surakarta telah menugaskan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa, sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang diusulkan untuk mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan.

Bila Akhirnya Usung Gibran di Pilkada Solo, Pengamat Ungkap Hal Buruk yang Bisa Terjadi di PDIP

Gibran Maju Pilkada Solo 2020, PDIP Berikan Satu Syarat Kepada Putra Presiden Jokowi

"Dalam penjaringan tertutup yang kita lakukan, muncul nama Pak Pur dan Pak Teguh. Pak Pur dan Pak Teguh ditugaskan oleh pengurus anak ranting, ranting dan PAC.

Semua berkas saya kirimkan ke DPP Partai," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo 

Pria yang juga menjabat Wali Kota Surakarta ini mengatakan bahwa DPP memiliki hak dan kewenangan untuk membuka peluang Gibran mendaftarkan diri sebagai calon wali kota.

"Kalau DPP membuat kebijakan sendiri itu adalah PP secara kolektif di DPP partai," kata dia.

Rudy tetap akan menunggu dan mengikuti rekomendasi dari DPP. DPC PDI Perjuangan akan mematuhi dan menaati rekomendasi yang dikeluarkan dari DPP PDI Perjuangan.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, untuk menjadi calon kepala atau wakil kepala daerah melalui partainya,

setiap bakal calon harus melewati proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Ia menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wali kota Solo, setelah mendaftar sebagai kader partainya.

Basarah mengatakan, DPP pusat akan melakukan kajian dan survei untuk menentukan bakal calon kepala daerah yang diusung.

Resmi, Gibran Serahkan Formulir ke PDIP, hingga Peluang Putra Presiden Jokowi di Pilkada Solo 2020

Serius Maju Pilkada Solo, Anak Sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka Urus KTA PDIP

Copot Spanduk Gibran Cawalkot Solo,  Satpol PP: Kami Tak Pandang Bulu Tertibkan yang Salahi Aturan

Adapun, Gibran bergabung sebagai kader PDI Perjuangan.

Gibran menyerahkan berkas kartu tanda anggota, sekaligus menanyakan pendaftaran calon wali kota Solo dari PDI Perjuangan.

Gibran mengatakan, ia akan mengikuti arahan dan keputusan partai terkait pencalonan dirinya maju di bursa pemilihan wali kota pada 2020. (*)

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved